S2 Tak Bisa Satu Setengah Tahun [lagi]

Universitas-Negeri-Surabaya

shaleholic.com – Setelah baca-baca beranda facebook, tiba-tiba saya ketemu sebuah status yang mengatakan jumlah SKS untuk mahasiswa yang kuliah S2 akan bertambah 2 kali lipat daripada sebelumnya.[ngelus kepala #hedeh] Masa studi program pascasarjana atau Strata II (S2) yang selama ini bisa 1,5 tahun dengan 36 Satuan Kredit Semester (SKS), kini tidak bisa lagi. Hal ini seiring dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, di pasal 17 menjelaskan untuk mengikuti S2 harus menyelesaikan 72 SKS serta masa studi mereka diperpanjang hingga maksimal 4 tahun.

“Memang dengan keluarnya peraturan baru itu, tidak bisa lagi menyelesaikan kuliah S2 dalam waktu 1,5 tahun karena jumlah SKS yang harus diikuti bertambah dari jumlah standar sebelumnya. Kini menjadi 72 SKS dan membuat jurnal yang harus terakreditasi oleh Dikti (Pendidikan Tinggi-red),” kata Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II Prof Dr Diah Natalisa MBA, Senin (30/6).

Peraturan ini memang baru disosialisasikan beberapa waktu yang lalu sedangkan untuk implementasi peraturan tersebut masih harus menunggu sosialisasi dari pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Dikti Kemdikbud. Sehingga, kini dirinya belum tahu kapan mulai diterapkan 72 SKS untuk S2 ini. Dengan kata lain, nantinya para mahasiswa yang yang ingin menyelesaikan kuliah S2 saat ini akan lebih ketat berbeda seperti sebelumnya.

“Jadi lebih sulit S2 nantinya, dengan 72 SKS itu diperbanyak di penelitian-penelitian dan jurnal yang harus terakreditasi dari Dikti. Jelas lebih ketat, kalau S2 sebelumnya kan dalam waktu satu tahun atau satu setengah tahun sudah dapat menyelesaikan S2-nya, dengan 72 SKS jelas akan lebih lama,” jelasnya

Untuk lebih jelasnya, silakan bapak/ibu baca Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Yang ingin memiliki, silakan saja unduh melalui link dibawah ini :

download

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap