Redenominasi (Ada sejak dulu)

Mungkin tulisan ini telat dibandingan dengan tulisan lain yang sejenis sama-sama bercerita redenominasi namun aku tidak akan terlalu banyak bacot dalam tulisan ini karena aku sendiri bukan pakar ekonomi,pengamat ekonomi tapi cuma pemakai ilmu ekonomi :D.

Baiklah kita mulai saja, Redenominasi yang begitu dihebohkan di media bahkan ada pro dan kontra segala, sebenarnya bukanlah hal baru di masyarakat kita bahkan sebelum redenominasi ini diberlakukan nanti tahun 2022, masyarakat sudah melakukan redenominasi sendiri terutama dalam hal interaksi jual beli di sekitar mereka.

Apa bukti redenominasi sudah dilakukan di masyarakat? Bukti yang sering saya temukan ntar saya carikan dengan gambarnya kalau saya jalan-jalan ke luar rumah hari ini adalah … berikut contohnya :

Pembeli : Berapa Bu, Daging Ayam ini sekilo?

Penjual : 10

Pembeli : Ga bisa kurang Bu, 7.5 aja

Penjual : Ga bisa Pak, paling cuma sampe 9 aja

Pembeli : Baiklah, 8,5 gimana?

Penjual : Baiklah

*Catatan, Penjual dan pembeli itu telah melakukan redenominasi untuk Ribuan menjadi Puluhan dan Satuan : 10.000 = 10 ; 7500 = 7,5 ; 9000 = 9 ; 8500 = 8,5 , :D*

Itu baru contoh waktu terjadi transaksi di pasar yang saya dengar dan saksikan sendiri dengan mata kepala sendiri padahal pelakunya, hehe. Terus ada lagi ketika di jalan waktu mau beli pulsa di pinggir jalan sayang hapenya tidak ada kamera jadi tidak bisa diabadikan disana tertulis harga voucher pulsa yang telah kena redenominasi, contoh :

A*

5 = 6

10 = 11

20 = 21

25 = 26

*catatan : nilai voucer dan harga jualnya sudah diredenominasi oleh penjualnya dari Ribuan menjadi Puluhan dan Satuan

Itulah beberapa redenominasi yang saya temukan di masyarakat, jadi tidak ada salahnya kalau redenominasi diberlakukan karena masyarakat sudah lama melaksanakannya, hehe :D. Jadi curiga sama orang-orang yang tidak setuju dengan Redenominasi, jangan-jangan tidak pernah belanja di pasar tradisional, tahunya cuma belanja di tempat-tempat yang berlabel “Market” 😀

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

18 Comments

Add a Comment
  1. wahh.. iya ya mas..
    ternyata saya juga termasuk yg sudah menggunakan redenominasi selama ini 😀
    .-= putri fajar´s last blog ..Jadwal Buka Bareng- Overload =-.

    shaleholic : Ya, tanpa disadari kita telah melaksanakan redenominasi sendiri 😀

  2. PJS Gubernur Bank BNI_Bpk Darmin Nasution menyikapiny dg baik..tapi menurut saya hal yg seperti gak perlu digembar gemborkan..T0H 2020 baru di Sosialisasikan..ini hanya meambah panjang sejarah KETIDAKPASTIAN perubahan sistem Keuangan Indonesia..nilai yang tak berubh it justru brdampak buruk,cntoh saja pada perhitungan ..apa gak dibuat susah tu Guru2 yg menerapkanny kpd anak didik ttg pelajaran MATEMATIKA…Masalah bnyk,dtmbh ribet dg yg beginian…ADA2 SAJA

    Salam 😆

    shaleholic : Benar juga ya, kasihan guru Matematika nantinya 😀

  3. Semoga para pemimpin dapat belajar dariserah bangsa ini, dan tidak mengulangi kesalahan yang sama disaat mengambil keputusan.

    Sejenak tafakur dalam kehingan……..
    Memaknai arti hidup dalam seraingkaian khilaf dan dosa…..
    Lisan kadang tak terjaga,….
    Jannikadang terabaikan,……
    Hati kadang berprasangka,….
    Sikap kadang menyakitkan,…..
    Harapan ini akan menjadi indah…..
    Jika maaf & silahturrahim ada diantara kita.
    Selamat menempuh bulan suci Ramadhan 1431 Hijriah.
    Atas nama pribadi dan keluarga saya ucapkan
    Mohon maaf lahir dan batin.
    Semoga Allah selalu memberikan
    Taufiq, Hidayah, Maghfirah dan Ridho-Nya untuk kita semua.
    Amiiiii….n !

    Salam untuk keluarga.
    .-= Eyangresi313´s last blog ..DATANGNYA WAKTU UNTUK KEMBALI =-.

    shaleholic : Mohon maaf lahir batin juga … 😀

  4. yang jelas redenominasi menurut ane lebih ringkas dan praktis..sesuai dengan pribadi dan kebudayaan bangsa kita…

    ane mendukng hal tersebut, terlepas dari kontra-nya. Redenominasi bisa jadi solusi terhadap harga yang selalu naik.. jadi praktis ngitungnya, om?
    .-= Qorianisme´s last blog ..Its Time to Going To School =-.

    shaleholic : Saya juga mendukung saja, asal gaji saya aja jangan dipangkas juga 😀

  5. iyah bener akus endiri sering tuch meredominasi uang
    biar lebih gampang 😀
    .-= wi3nd´s last blog .. aDa yang Mau iKuTan =-.

    shaleholic : hehe, berarti sama dong 😀

  6. I am happy to find so many good point here in the post, writing is simply great, thanks for sharing
    http://flashfisika.blogspot.com/2011/09/blogger-nusantara-blogpreneur-indonesia.html
    Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap