PUJIAN ATAU KRITIK

Saya sering bertanya dengan beberapa teman saya…kamu kalau udah jadi orang (orang kaya…maksudnya) maunya dipuji atau dikritik. Mayoritas teman saya bilang enak dipuji daripada dikritik.

Pujian memang membuat kita merasa bangga dan terkadang malah membikin kita sombong. Bagi sebagian orang, pujian merupakan sebuah penghargaan dan menganggap kritik sebagai sebuah penghinaan. Padahal, puiian terkadang membuat kita kehilangan kreatifitasan. Misalnya ada yang memuji ‘punya kamu bagus daripada yang lain’ biasanya kita akan merasa bangga dan pikiran kita akan melayang tinggi hingga akhirnya merasa hanya punya kita yang bagus dan tidak ada niat lagi untuk memperbaiki atau menambahkan sesuatu pada karya kita karena dia sudah dianggap bagus dan banyak orang yang memujinya. Tetapi ketika ada yang bilang ‘punya dia lebih bagus dari kamu’. Biasanya otak kita akan berpikir, bagaimana caranya agar kita bisa lebih dari dia.

Namun ada tapinya…kritik bisa membangun hanya bagi mereka yang masih normal dalam berpikir. Tapi kalau sudah “gila” akan pujian ketika menerima kritik, dia memang akan berpikir tapi bukan berpikir bagaimana supaya karyanya lebih baik tapi dia akan berpikir bagaimana menghancurkan orang yang suka mengeritiknya dan tentu saja saingannya.

Jadi kesimpulannya adalah kalau kita dipuji janganlah langsung bangga tapi berpikirlah seandainya aku bisa lebih dari itu mungkin akan banyak lagi yang memujiku (catatan…jangan gila akan pujian karena itu bisa menghancurkan dari dalam). Dan kalau kita dikritik jangan pernah anggap itu sebagai penghinaan tapi anggap sebagai sebuah pujian. Kenapa begitu…orang yang memberi kritik kepada kita berarti dia menaruh perhatian pada kita. Jadi jangan pernah bilang ‘Jangan dikritik’ pada orang yang akan menilai kita.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

19 Comments

Add a Comment
  1. pujian dan kritik tuh maknanya sama…untuk introspeksi diri

  2. hmm emang si kritik menyakitkan tapi dengan kritik kita bisa melihat diri kita apa yg kurang dari kita walaupun kritik itu menyakitkan

  3. bonar ituh!! (alagh,,..)
    tapi perasaan ada orang yg dikritik langsung marah..uhuhuhu, sepak aja tuh.. kalo saya mau kritik2 yg laen, yaitu kritik singkong, kritik ubi, dan kritik lainnya.. (itu mah keripik yah?..)

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap