Praktik Pengobatan Ponari Si Dukun Cilik Berhenti Total

Praktik pengobatan tabib cilik M Ponari di Dusun Kedungsari, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (10/2), akhirnya diputuskan untuk berhenti total.

Keputusan untuk menghentikan aktivitas pengobatan itu datang dari inisiatif keluarga, menyusul kondisi Ponari yang pada hari itu jatuh sakit. Selain itu, juga ada kesepakatan antara pihak keluarga, unsur pimpinan daerah, guru sekolah, dan petugas kesehatan.

Kepala Kepolisian Resor Jombang Ajun Komisaris Besar Muhammat Khosim menyebutkan, pada pertemuan yang diselenggarakan di Kantor Kecamatan Megaluh itu, kedua orangtua Ponari, Kamsen (30) dan Mukaromah (28), bersepakat bahwa anak mereka harus menghentikan praktik pengobatan tradisional itu.

Beberapa jam sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Jombang dan Polres Jombang, memang menyerahkan sepenuhnya keputusan untuk menjalankan praktik tabib cilik M Ponari di Dusun Kedungsari, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada pihak keluarga.

Bupati Jombang Suyanto dan Kepala Polres sama-sama menyatakan bahwa mereka tidak punya kewenangan dan hak apa pun untuk menghentikan praktik pengobatan itu.

Suyanto juga menolak menjelaskan lebih jauh saat disinggung bahwa minat masyarakat yang sedemikian besar berobat pada Ponari disebabkan gagalnya sistem layanan kesehatan dengan akses mudah dan murah yang mestinya disediakan pemerintah.

Suyanto yang baru saja memperoleh penghargaan sebagai salah satu kepala daerah terbaik dengan penilaian atas capaian di bidang pemaksimalan pusat kesehatan masyarakat itu juga tidak bersedia menjelaskan ketersedian tenaga medis dan jaminan aksesnya hingga di tingkat kecamatan.

Tulisan ini diambil dari Kompas di halaman ini

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

10 Comments

Add a Comment
  1. di Indonesia, yg berbau mistis pasti bakal laku keras kayak kacang goreng..

    bingung..

  2. Hanyaram handak tulak kasana, sagan maubati mintuha di Cirebon nang lagi garing. Iya am. Kada jadi ai. Ya, syukuram, tidak jadi terjebak dalam dunia mistis yang bisa menodai keimanan. Salam Palui, dari Julak di Indramayu.

  3. orang berobat keponari banyak alasannya.kebanyakan tidak mampu biaya berobat ke medis.

  4. Kepercayaan terhadap dunia medis kedokteran telah berangsur-angsur sirna……

    Oranh lebihi melirik pengobatan allternatif serta mistis.

  5. bukti bahwa masyarakat indonesia masih banyak yang bodoh dan miskin

  6. Kita tidak harus memvonis bahwa ponari praktek Syirik,haram dll kita  harus lihat hasil dari pasien/orang yang berobat kalau tidak ada kesembuhan tidak mungkin orang berbondong2 dateng untuk berobat dan jangan lihat korban yg meninggal itu memang sdh waktunya,diruma sakit manapun banyak yang berobat tp tidak sembuh bahkan tidak sedikit yg meninggal,..Jadi biarkan saja memang ini Rizky Ponari dan keluarganya

  7. sebetulnya kalau kita tidak akan percaya pada hal-hal seperti itu, semua ini tidak akan bakal terjadi. jadi pada intinya, yang perlu diperbaiki pada bangsa Indonesia adalah moral dari pada bangsa itu sendiri. jika kita mempunyai pkiran yang logis dan rasional, hal-hal seperti ini tidak akan pernah terjadi

  8. Ponari itu anak ajaib, bisa membius puluan ribu orang

    Tidak tepat jika sampai di tutup. ini fakta masyrakat pada datang sendiri tanpa paksaan

    Kata musrik itu kata bodoh.  Kalau kita ke dokter terus di kasih pil langsung sembuh apa iti musrik???? tidak kan  kenapa ponari dikatakan musrik. jadi mereka yg iri hati kan bilang begitu.

    Tuhan allah itu menyembuhkan orang lewat apa saja yg dia mau jadi jangan sok pintar agama semua itu tanpa kehendak tuhan allah semua tidak akan terjadi … apa lebih suka orang jawa itu jadi budak jadi kuli di negri orang di negeri sendiri yg tidak ada harganya . 

    Lihat itu di malaysia di arab pada di siksa di hukum mati… jangan tidur … bangunlah ….

    berbanggalah ada ponari  siapa yg menjelek jelekkan ponari itu ketololan luar biasa.

    Harus bangga ada orang jawa bisa  sehebat seperti itu. Kita dukung ponari….

  9. Nice information, but I need further information about that. .

  10. Womens Retreats

    Priveet!! Medveed!!!

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap