PLN, Perusahaan Listrik Negara atau Perusahaan Lilin Negara?

Kemarin aku membaca salah satu media di Banjarmasin, aku terkejut karena ada tulisan bahwa PLN akan melakukan pemadaman bergilir lagi dan itu akan berlangsung selama 40 hari. Sebenarnya aku tak harus terkejut membaca itu namun aku cuma terkejut dan berpikir bahwa PLN bukanlah Perusahaan Listrik Negara melainkan Perusahaan Lilin Negara. Kenapa seperti itu?

Karena dengan seringnya pemadaman listrik maka barang yang bernama lilin akan menjadi barang yang dicari-cari keberadaannya, kemudian aku juga sempat berpikir jangan-jangan benar PLN jualan lilin jadi keuntungan double ketika listrik ga padam kita harus bayar listrik kemudian kalau padam kita beli lilin, jadi duakan untungnya.

Setiap kali adanya pemadaman PLN selalu berkilah bahwa mereka mengalami gangguan baik karena debit air waduk riam kanan menurun, adanya perawatan mesin pembangkit atau juga tidak adanya stok batubara yang cukup.

Mungkin dua alasan diatas ” bolehlah” di iyakan tapi untuk alasan stok batubara, saya tertawa membacanya. Bagaimana mungkin Kal-Sel yang punya banyak perusahaan tambang batubara bisa kekurangan batubara, bahkan pulau Jawa saja “mengimpor” dari Kal-Sel untuk memenuhi stok batubara. Dibawa kemana batubara di Kal-Sel yang setiap hari aku lihat dan rasakan ketika dalam perjalanan pulang. Kenapa bisa dirasakan bukan hanya dilihat, karena truk-truk pengangkut batubara sering “merusak” jalan di Kal-Sel.

Bingung juga memikirkannya kenapa di Kal-Sel sering terjadi pemadaman. Lagi-lagi otak ku memikirkan sesuatu hal, bukankah PLN adalah perusahan. Dan dimana-mana perusahaan selalu berusaha mencari keuntungan.

Ah…sudahlah! bosan aku memikirkannya. Jalani aja, bukankah PLN pernah berkata tahun 2010 Kal-Sel tidak akan ada lagi pemadaman jadi tinggal dua tahun lagi. Semoga umurku masih sempat untuk menikmati Kal-Sel yang terang benderang. Semoga bukan janji. Amin.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap