Pilih Penyedia Kredit Mobil yang Berkualitas dan Bebas Masalah

Kesempatan untuk memiliki kendaraan roda empat saat ini sangatlah terbuka lebar dengan adanya fasilitas kredit mobil yang mudah dan juga terjangkau bagi setiap kalangan. Setidaknya inilah yang diharapkan dari setiap produsen mobil, agar produk kendaraan khususnya roda empat yang dimilikinya bisa digunakan oleh semua orang. Menjamurnya lembaga yang memberikan fasilitas pembiayaan ini, memang bisa menjadi sebuah berkah bagi yang bisa memanfaatkannya dengan baik, namun bisa juga menjadikan petaka bila ternyata dana yang berasal dari kredit tersebut justru menimbulkan masalah di kemudian hari.

wpid-kredit-mobil.jpg.jpeg

Agar bisa mendapatkan manfaat dari kemudahan fasilitas pembiayaan ini, ada beberapa hal yang harus dicermati sebelum kita mengajukan permohonan pembiayaan atau kredit tersebut. Hal yang paling utama adalah tentukan besaran kemampuan yang Anda miliki untuk mengangsur kredit yang nantinya akan dilakukan. Ketika Anda sudah mendapati hasilnya, maka dari situ akan kelihatan berapa besar kemampuan Anda. Selanjutnya tinggal memilih kendaraan yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda tersebut, sehingga nantinya kita tidak kesulitan dalam mengembalikan cicilan kredit yang dilakukan.

Setelah memilih kendaraan yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan, maka Anda tinggal memilih lembaga pembiayaan yang tepat untuk membiayai keinginan tersebut. Adapun untuk bisa mengetahui sebuah lembaga tersebut tepat, yang pertama harus dilakukan adalah cermati bunga yang ditawarkan. Ada dua tipe suku bunga yang ditawarkan yaitu tetap dan mengambang. Ketika menggunakan suku bunga tetap maka selama masa angsuran, nilai itulah yang digunakan untuk menghitung tingkat bunga yang dibebankan. Adapun suku bunga mengambang, besaran suku bunga bisa fluktuatif tergantung dari ketentuan Bank Indonesia.

Selain suku bunga yang akan ditawarkan oleh lembaga pembiayaan baik untuk kredit mobil bekas maupun baru, maka untuk bisa memberikan keamanan secara finansial pada kendaraan tersebut adalah dengan mengikutsertakannya dalam program asuransi. Biasanya premi asuransi ini juga akan menjadi salah satu beban Anda dalam rangka pembayaran cicilan atau angsuran bulanan, sehingga pastikan agar jenis asuransi yang kita ambil sesuai dengan kemampuan. Beberapa jenis asuransi yang mungkin kita kenal seperti misalnya:

  • All risk, memiliki cakupan proteksi yang lebih luas terhadap kendaraan, sehingga akan menanggung kejadian kecelakaan, bencana alam atau terkena dampak kejadian sosial (huru-hara).
  • Total Loss Only (TLO) mempunyai perlindungan terhadap tindak kejahatan pencurian yang dialami oleh mobil tersebut setelah dibeli. Masa perlindungan dari asuransi ini biasanya 12 bulan namun tetap bisa diperpanjang bila ingin diteruskan.

Sesuai dengan ketentuan pemerintah, saat ini konsumen tidak hanya langsung bisa membeli kendaraan dengan hanya mengandalkan dana dari lembaga pembiayaan. Minimum uang muka yang harus dibayarkan adalah sekitar 30% dari total harga jual kendaraan, baru sisanya nanti akan dicukupi oleh pihak lembaga yang menyediakan kredit tersebut sesuai dengan pengajuan. Setelah Anda bisa menentukan besaran biaya yang akan diperlukan dengan menggunakan asuransi dari lembaga tersebut, maka selanjutnya tinggal menikmati keindahan dan kenyamanan memiliki kendaraan tersebut.

Pihak bank atau lembaga lain yang memberikan fasilitas pembiayaan terhadap mobil yang ingin kita lakukan, maka selanjutnya yang harus dilakukan hanyalah mesti melengkapi berbagai peralatannya saja. Seperti biasa persyaratan seperti dokumen identitas, nomor handphone serta alamat yang jelas akan sangat membantu proses verifikasi barang atau dokumen yang akan dikirim tersebut. Agar bisa memilih produk dan penyedia kredit yang benar-benar tepat, maka gunakan fasilitas dari simulasi kredit mobil untuk bisa mengetahui segala informasi keuangan yang dibutuhkan.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap