Perbedaan yang Mendasar Antara Mentega dan Margarin

Banyak orang yang selalu mengartikan bahwa mentega dan margarin itu sama, padahal kedua bahan masakan itu berbeda. Meski kedua bahan tersebut selintas terlihat sama, tapi dari bentuk dan kegunaannya berbeda. Banyak sekali orang yang membuat aneka masakan dengan menggunakan salah satu dari bahan tersebut secara sembarangan. Dan karena penggunaannya yang kurang tepat, maka hasil pada makanannya pun menjadi kurang baik. Untuk itu agar anda bisa membedakannya, kenali dulu ciri-cirinya agar penggunaanya tepat.

margarin

Margarin. Biasanya dijual dalam bentuk kemasan mangkuk atau sering juga dijual dengan bungkus plastik. Bahan pembuatan dari margarin yaitu lemak nabati yang dicampur dengan bram dan ditambah dengan bahan-bahan yang lainnya. Memiliki warna kuning terang dengan tekstur lebih padat. dan biasanya bahan masakan yang satu ini tidak mudah meleleh. Margarin akan berubah menjadi minyak kuning tua dengan sedikit endapan jika dipanaskan. Sifat dari bahan yang satu ini yaitu mudah sekali lembek dan biasanya bahan masakan ini sering digunakan untuk membuat makanan lebih gurih dan renyah dengan mencampurkannya bersama minyak goreng. Sering juga digunakan untuk bahan tumisan.

Mentega. Aromanya cukup pekat menggairahkan selera karena terbuat dari lemak hewani. Selain lemak hewani ada juga bahan-bahan pendukung lainnya seperti air, garam, susu dan lain sebagainya. perbandingannya dengan margarin, bahan yang satu ini bisa lebih cepat meleleh jika dipanaskan dan warnanya pun kuning pucat. Sering digunakan untuk membuat aneka macam kue kering, karena aroma yang ditimbulkan dari kue tersebut akan lebih harum dan juga teksturnya lebih bagus.

Ada beberapa tips dalam cara penggunaan kedua bahan tersebut yaitu jika margarin digunakan untuk menumis, maka sebaiknya jangan ditambahkan lagi garam. Karena dengan hanya menggunakan bahan ini pun masakan anda sudah gurih dan lezat. Jika penggunaan keduanya tidak habis sekali pakai, sebaiknya simpan di tempat yang sejuk tidak terkena sinar matahari agar tidak cepat meleleh. Ketika hendak membuat sebuah cake yang memiliki tekstur yang sempurna, maka anda bisa mencampurkan keduanya dengan perbandingan yang sama.

Jika kita tahu ciri-cirinya, maka dalam hal penggunaannya pun bisa tepat. Sebenarnya kedua bahan tersebut cocok untuk bahan masakan apapun, tapi untuk hasil yang lebih maksimal sebaiknya gunakan untuk bahan masakan yang cocok.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap