Perbedaan Asuransi Syariah Dan Konvensional

asuransi

shaleholic.com – Saat ini tentu sering anda dengar program-program perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi syariah bukan? Pada dasarnya, asuransi tersebut adalah asuransi yang berlandaskan sebagai usaha saling tolong menolong melalui investasi dalam bentuk asset dengan memberikan pola pengembalian dan resiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah. Artinya, sebagian orang yang ikut serta di dalamnya memberikan kontribusi premi yang mereka bayarkan untuk membantu peserta lain yang sedang terkena musibah. Peran perusahaan tersebut hanya sebagai operasional saja, bukan penanggung asuransi seperti program yang ditawarkan untuk asuransi konvensional. Dan berikut ini beberapa perbedaan yang mendasari kedua jenis asuransi tersebut.

Dewan Pengawas Syariah

Asuransi yang berlandaskan hukum syariah diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah. Tugas DPS adalah untuk mengontrol produk atau program yang ditawarkan suatu perusahaan asuransi sehingga tidak ada penyalahgunaan program berbasis syariah yang dikembangkan perusahaan tersebut. Selain itu, DPS juga bertugas untuk mengawasi pengelolaan dana investasi yang diterima dan dikelola suatu perusahaan. DPS tidak akan ditemukan pada perusahaan asuransi konvensional atau biasa.

Dasar Akad

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, asuransi berbasis syariah adalah asuransi yang didasari berdasarkan tolong menolong antar pemilik premi atau peserta asuransi. Sehingga dalam pengelolaan dana milik peserta yang dioperasikan oleh perusahaan asuransi murni digunakan untuk saling menolong dengan peserta yang terkena musibah. Hal ini tentu jauh berbeda dengan dasar akad pada asuransi yang tidak berpedoman pada syariah karena asuransi konvensional tersebut dilakukan berdasarkan akad jual beli.

Landasan Perhitungan Investasi

Yang paling membedakan antara asuransi konvensional dengan syariah dan menjadi pertimbangan yang sangat menentukan keputusan semua masyarakat dalam memilih jenis asuransi adalah landasan perhitungan atas investasi yang dilakukan. Jika pada umumnya asuransi konvensional terkenal dengan adanya riba atau bunga yang menggiurkan dalam perhitungan tersebut, lain halnya pada asuransi yang berpedoman atas syariah yang memperhitungkan nilai investasi berdasarkan bagi hasil atau istilah lainnya yaitu mudharabah.

Kepemilikan Dana

Harus diketahui bahwa perbedaan asuransi yang berbasis syariah dan konvensional selanjutnya terletak pada kepemilikan dana para peserta. Pada asuransi konvensional, kepemilikan dana dipegang sepenuhnya oleh perusahaan sehingga perusahaan yang menawarkan produk asuransi tersebut bebas menggunakan dana premi milik peserta untuk menentukan alokasi dana investasi tersebut. Sedangkan pada program syariah, kepemilikan dana adalah hak peserta sehingga perusahaan hanya sebatas operasional yang memegang amanah dari peserta untuk mengelola dana tersebut saja.

Selain beberapa perbedaan tadi, mekasnisme pengelolaan dana juga menjadi perbedaan yang cukup terlihat diantara keduanya. Apabila ada sering mendengar istilah dana hangus dari asuransi konvensional yang disebabkan karena peserta tidak melanjutkan pembayaran di masa kontrak, lain halnya dengan asuransi basis syariah yang tidak mengenal istilah dana hangus walaupun anda sudah tidak dapat membayar premi selanjutnya. Dana yang sudah masuk dapat anda ambil kembali kecuali dana tabbaru’ atau dana kebajikan yang diikhlaskan untuk tolong menolong atas musibah yang menimpa peserta lain.

Dan yang terakhir menyangkut masalah pembagian keuntungan. Karena asuransi yang didasari syariah melakukan perhitungan dengan asas bagi hasil, maka pembagian keuntungan yang dilakukan dibagi untuk perusahaan dan peserta sesuai dengan porsi yang sudah ditentukan sebelumnya. Sedangkan, keuntungan yang dihasilkan pada asuransi konvensional adalah hak milik perusahaan. Itulah beberapa perbedaan antara asuransi syariah dengan asuransi konvensional yang perlu dipertimbangkan oleh seluruh masyarakat.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

6 Comments

Add a Comment
  1. Hi there tto every , because I aam truly eager
    of readinjg this webpage’s post to be updated daily.
    It includs fastidious stuff.

  2. It’s really a nice and helpful pice of info. I’m glad that
    you simply shared this useful info with us. Please stay us up to date like this.
    Thank you ffor sharing.

  3. I really like what you guys are usually up too.

    This kind of clever work and exposure! Keep up the fantastic works guys I’ve added you guys to blogroll.

  4. Excellent web site. Lots of useful information here. I am sernding iit to
    some pals ans alsoo sharing in delicious. And obviously, thank yyou for
    your effort!

  5. We absolutely love your blog and find the majority of your post’s to be just what I’m looking
    for. Would you offer guest writers to write content for yourself?
    I wouldn’t mind producing a post or elaborating on a few of the subjects
    you write about here. Again, awesome site!

  6. You actually make it appear so easy together with your
    presentation however I in finding this matter to be actually something that I think I’d by no
    means understand. It kind of feels too complicated and extremely large for me.
    I’m taking a look ahead for your next publish, I’ll attempt to get
    the grasp of it!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap