Rumah Shaleh

Berbagi Untuk Negeri

Penyakit Diabetes dan Pencegahannya Sejak Dini

Diabetes atau yang dikenal dengan nama kencing manis merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh manusia modern.  Diabetes ini ditandai dengan kadar gula darah yang tidak normal. Tidak sedikit orang yang kehilangan nyawanya karena penyakit diabetes.  Penyakit yang satu ini disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat dan makanan yang tidak diatur dengan baik. Ketika diabetes sudah diderita, kualitas hidup si penderita tidak akan bisa optimal seperti sediakala. Untuk itu, sangat penting mengetahui apa itu penyakit diabetes dan pencegahannya secara dini.

wpid-images.jpg

Diabetes terjadi karena kekurangan insulin dan insulin ini merupakan zat yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas untuk mengolah glukosa atau zat gula darah menjadi energi. Makanan yang dikonsumsi oleh penderita tidak dapat diproses menjadi tenaga. Justru kadarnya terus meningkat. Ini dinamakan penumpukan glukosa dalam darah atau yang disebut dengan hiperglikemia. Agar mendapatkan penanganan secara cepat, kontrollah kadar gula darah secara rutin. Jika hasilnya di atas 200 maka positif terkena diabetes.

Diabetes ini ditandai dengan beberapa gejala awal antara lain sering kencing. Penderita yang mengalami diabetes biasanya sering  ingin buang air kecil untuk membersihkan kelebihan glukosa dalam sirkulasi darah. Sehingga orang tersebut akan kencing dalam jumlah yang banyak. Karena kencing yang terlalu sering, penderita akan mudah sekali untuk merasa haus untuk mengimbangi cairan yang dikeluarkan. Tidak hanya itu, penderita juga mengalami penurunan berat badan karena tubuh tidak lagi bisa memproses glukosa untuk energi sehingga tubuh menggunakan cadangan lemak untuk menghasilkan energi bagi sel. Dampak lainnya, karena tubuh tidak bisa menghasilkan energi jadi glukosa, maka tubuh akan mudah sekali kelelahan.

Kalau diabetes sudah memasuki tahap lanjut, maka  sering terjadi luka yang sulit disembuhkan. Penderita tidak merasakan sakit ketika bagian tubuhnya terluka. Kadar gula darah yang tinggi dan rasa nyeri yang hilang maka luka yang semula kecil lama-lama akan membesar menjadi borok dan membusuk. Jika sudah demikian, bagian tubuh yang terluka akan diamputasi.

Cara pencegahan diabetes antara lain dengan menjaga pola hidup tetap sehat, konsumsi makanan yang mengandung rendah kalori dan lemak, dan sering melakukan aktivitas fisik supaya badan tetap sehat serta bugar. Dan pastinya jaga badan agar selalu ideal. Untuk mendapatkan informasi mengenai penyakit diabetes yang lebih lengkap, kunjungi situs futuredy.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap