Pendidikan itu penting !

Pernah suatu ketika saya membaca sebuah tulisan yang memperdebatkan kata-kata dua orang terkenal di Indonesia yang berbeda latar belakang, satu adalah pengusaha dan satunya lagi adalah motivator. Dari keyword tersebut mungkin anda sudah bisa menebak siapa orangnya?

Ya, dialah si pengusaha (Bob Sadino) dengan si Motivator (Mario Teguh). Dua kata-kata ‘anjuran’ yang mereka ucapkan seakan saling serang. Berikut petikan kata-kata yang diperdebatkan itu;

Bob Sadino: “Mau kaya? berhentilah sekolah atau berhentilah kuliah sekarang juga, and start action, karena ilmu di lapangan lebih penting daripada ilmu di sekolahan atau kuliahan.”

Mario Teguh: “Berhati-hatilah dengan orang yang membanggakan keberhasilannya walaupun dia berpendidikan rendah. Itu tidak boleh dijadikan dalil. Pendidikan itu penting. Buktinya, dengan pendidikan yang sedikit saja, dia bisa berhasil, apalagi jika dia terdidik dengan lebih baik. Bukankah kita dianjurkan untuk menuntut ilmu sampai ke negeri Cina? Dengan ilmu, segala sesuatu bisa mencapai kualitas tertingginya.”

Mungkin anda sepakat dengan salah satu kata-kata tersebut atau malah keduanya namun kalau saya pribadi maka saya memilih kata-kata Mario teguh. kenapa? Apa karena saya seorang guru lalu memilih kata-kata itu, mungkin itu bisa juga jadi alasan namun itu bukanlah satu-satunya alasan saya memilih. Saya pribadi merasa ada yang salah dengan pendapat Bob Sadino karena bagaimanapun juga pendidikan tidak mengajarkan bagaimana menjadi kaya atau bagaimana mencari harta yang melimpah karena gurunya saja terkadang gajinya ngos-ngosan.

Pendidikan itu adalah ladang untuk menanam ilmu, berbagi keahlian dan keterampilan dan bukanlah ajang mengumpulkan harta. Karena itulah saya beranggapan bahwa pendidikan itu penting karena bagaimanapun juga sesuatu yang didapat tanpa didasari ilmu yang benar maka akan menghasilkan sesuatu yang tak bermanfaat.

Memang kalau dipikir secara singkat serta melihat realita yang ada, Pendidikan di Indonesia terkadang hanya sampai pada tahap teori namun ketika sudah pada tahap praktik maka hal-hal yang dulu diajarkan agak berbeda walaupun dalam beberapa konteks kejadian malah mirip dengan yang diajarkan. Jadi, tidaklah benar kalau kita ingin hebat, kaya atau jadi apapun maka harus melepas yang namanya pendidikan. Dengan adanya pendidikan kita tentu bisa memilah dan memilih mana yang tepat dan tidak karena pada awalnya semua yang diajarkan di dalam pendidikan bersumber dari praktik juga namun caranya saja yang agak berbeda.

Jadi kesimpulan saya adalah “Kalau ingin kaya maka sekolahlah”

 

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

2 Comments

Add a Comment
  1. waahh… setuju banget bang…

  2. artikel bagus om..kalau ane sendiri lebih milih bob karna ilmu lapangan itu lebih penting 😀
    karna menurut ane indonesia akan makmur kalau banyak pengusaha karna pengusaha lah yg banyak nyediain lapangan kerja 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap