Rumah Shaleh

Berbagi Untuk Negeri

Pekerjaan bagi lulusan baru



Perusahaan besar tidak selalu terbuka untuk menerima seorang mahasiwa atau kandidat yang baru lulus. Seringkali, para fresh graduate tersebut dianggap tidak punya pengalaman dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan atau employer. Jadi, pekerjaan apa sajakah yang bisa Anda dapatkan, jika Anda baru lulus dari Universitas dan penuh dengan entusiasme bekerja?

Harus sesuai dengan jurusan

Jangan buru-buru untuk mendapatkan pekerjaan hanya karena gaji yang lebih tinggi atau fasilitas kantor yang lebih nyaman. Pertama-tama, cobalah mencari pekerjaan sesuai dengan jurusan Anda saat kuliah di Universitas. Ketika Anda mencari pekerjaan yang sesuai jurusan setidaknya Anda sudah punya modal teori yang Anda dapatkan saat kuliah dulu. Dan dengan bekerja sesuai jurusan tentunya tidak begitu susah buat Anda untuk beradaptasi ketimbang bekerja di jurusan yang sama sekali berbeda dengan Anda.

Sabar dulu

Walaupun Anda telah berpenggalaman dari segi pengetahuan yang didapatkan waktu kuliah, tetap saja Anda perlu sadar diri dan status Anda sebagai mantan mahasiswa. Jangan berani-berani langsung mengincar posisi yang tinggi. Bukannya hanya ditolak mentah-mentah saja Anda juga bisa dijadikan dagelan. Tambahan pula, jika sudah sekali dimasukkan ke dalam daftar hitam, Anda akan susah mendapatkan pekerjaan yang layak di mana pun.

Bidang administratif

Salah satu pekerjaan yang sangat cocok bagi para fresh graduate pada awal kariernya adalah posisi di bidang yang berkaitan dengan administrasi. Pastilah, untuk seorang pemula ini sudah sangat bagus. Akan tetapi, ternyata kadang-kadang lingkup pekerjaan perusahaan Anda dapat berbanding terbalik dengan jurusan yang Anda pilih waktu kuliah. Sehingga Anda harus mempelajari aspek-aspek dasar untuk mengetahui seluk-beluk bidang pekerjaan Anda tersebut.

Staff perbankan

Pegawai bank adalah posisi yang juga sangat cocok untuk para lulusan baru. Biasanya para pekerja di bankĀ  selalu dilatih, sehingga Anda tidak perlu mempelajari semuanya sendiri. Lagi pula, ketika sudah diterima ke bidang perbankan, Anda mulai belajar dari awal semua tugas dan tanggung-jawab profesi dari A sampai Z.

Coba Freelance

Untuk para lulusan baru atau mereka yang ingin masuk S2, pekerjaan yang sempurna adalah freelance atau pekerjaan dari rumah. Jangan Anda pikir bahwa freelance berarti pekerjaan tidak tetap. Ternyata, para freelancer yang berpengalaman mendapatkan jumlah uang yang jauh lebih tinggi daripada para karyawan suatu perusahaan yang digaji setiap bulan.





The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat’08 & Universitas Negeri Surabaya’16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap