Pakan Ternak Ayam Kampung

Screenshot_2

 

shaleholic.com– Setiap ternak memiliki jenis makanan yang berbeda-beda misalnya kambing, sapi atau ayam ada jenis pakan sendiri-sendiri. Pakan ternak untuk ayam kampung dengan ayam jenis lain misal boiler, ayam pedaging juga beda. Jika anda bisnis ternak ayam kampung atau ayam non ras perlu anda ketahui biaya yang terbesar yang harus anda keluarkan adalah biaya prosuksi untuk pakan ayam sendiri dibanding dengan biaya yang lain.

Ada beberapa jenis pakan untuk ternak yang harus anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

1. Dedak

Bahan ini sangat bagus diberikan pada ayam kampung karena mengandung sumber energi metabolisme yang cukup tinggi berkisar 700 – 2.500 kkal/kg. Dedak berasal dari olahan limbah padi. Dedak biasa juga disebut bekatul.

2. Jagung

Jagung merupakan salah satu makanan yang disukai ayam kampung. Tapi jagung yang baik untuk ayam adalah jagung kuning. Memang harganya lebih mahal dibanding denagn jagung yang lainnya, ini karena jagung kuning mengandung metabolisme tinggi mencapai 3.600 kkal/kg.

3. Onggok

Onggok adalah bahan yang terbuat dari olahan limbah singkong. Onggok sendiri memiliki kandungan metabolisme sekitar 2.950 kkal/kg.

Selain jenis pakan ternak diatas anda juga bisa mencari pakan alternatif yang lain untuk lebih menekan biaya misalnya dengan umbi atau talas, tepung cangkang kerang atau beras dolog (atau yang biasa disebut dengan menir).

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap