Nokia Windows Phone

Today, Finnish mobile phone maker Nokia and Redmond-based software giant Microsoft announced a strategic partnership that would result in the availability of Nokia smartphones powered by the Windows Phone operating system

Akhirnya Nokia luluh juga dalam persaingan OS setelah sekian lama masih berkutat dengan Symbian dan mencoba bangkit dengan sistim operasi MeeGo yang pada akhirnya menurut informasi bahwa pengembangan proyek MeeGo dihentikan. Dengan kerjasama antara Nokia dan Microsoft diharapkan Nokia kembali masuk dalam jajaran smartphones.

Jadi tak sabar untuk mencoba Nokia berOS Windows. Semoga harganya nanti tidak terlalu mahal, cukuplah kalau memecahkan celengan ayam, :D. Akhirnya terbukti sudah bahwa nokia windows phone memang ada dan terlahir untuk bersaing dengan Android, BlackBerry maupun Apple. Nokia Lumia, merupakan nokia pertama yang menggunakan OS Windows.

Ponsel yang bekerja dengan sistem operasi Windows Mobile 7.5 Mango ini memang mendapat perhatian besar dari publik di berbagai belahan dunia. Tak mengeherankan jika dalam waktu sekitar satu bulan, Nokia mampu melepas 1 juta unit ponsel ini.

Mengapa respon publik begitu tinggi terhadap ponsel ini? Apa saja kelebihannya. Ihwal kelebihan Lumia Anvid hanya menunjuk tagline ponsel ini Amazing Day.

Memperhatikan spesifikasi dan fitur yang dibenamkan, paling tidak ada lima fitur unggulan yang akan menjadi selling point sekaligus kelebihan Lumia dibandingkan dengan ponsel sekelasnya.

Pepole Hub

People hub merupakan fitur kontak yang terintegrasi dengan layanan jejaring sosial dan media sosial. Melalui fitur ini, kita bisa menyimpan nomor kontak kolega, termasuk akun imel, jejaring sosial, media sosial dan layanan terkait seperti sky drive.

Informasi yang tersimpan di kontak inilah yang akan memasok informasi terkini.Misalnya up date status dari jejaring sosial mereka seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Windows Live. Maksudnya, pengguna bisa memantau aktivitas kolega di jejaring sosial atau media sosial, tanpa membuka aplikasi jejaring sosial atau media sosial.

Update akan ditampilkan di home screen. Pada fitur Pepole Hub terdapat sub menu wahats new. Di sub fitur inilah update terkini akan muncul. Baik up date diri sendiri maupun up date kolega yang data-datanya tersimpan di kontak.

Mengusung konsep cara baru berkomunikasi, fitur besutan Nokia-Microsoft ini juga menawarkan pilihan berkomunikasi yang kaya. Tak terbatas pada panggilan telepon, imel atau mengirim pesan singkat. Lumia memperkaya pilihan berkomunikasi lewat jejaring sosial seperti facebook chat, Windows Live Messenger, atau mention di Twitter.

Nokia Drive
Sebagai mitra dekat Microsoft, Nokia diuntungkan dengan berbagai aplikasi khusus yang dirancang Microsoft untuk ponsel-ponsel Nokia. Sekalipun sama-sama mengusung Windows Phone, vendor lain tidak akan mendapatkan keistimewaan seperti yang bisa dinikmati Nokia.

Peta di Nokia Drive berbeda dengan peta di ponsel lain. Peta tampil dalam format tiga dimensi. Nokia Lumia menawarkan dua pilihan, mau dua dimensi apa tiga dimensi.

Peta Indonesia telah ada di ponsel ini.Bila Anda membutuhkan peta baru Anda bisa mengunduhnya. Pengunduhan tidak harus dengan koneksi internet. Pada posisi offline Anda bisa mengunduh peta. Nokia menyediakan peta lengkap dari berbagai negara.

GPS yang mendukung layanan ini juga berbeda dengan GPS pada umumnya. Karena GPS di Nokia Lumia bisa dioperasikan di mana saja, termasuk di tempat tertutup. Umumnya GPS tidak bisa diaktifkan di tempat-tempat tertutup.

Pada saat fitur ini diaktifkan, di homescreen akan tampil peta . Untuk mencari suatu lokasi, Anda tinggal mengetik. Fitur ini akan memandu Anda menuju tempat yang dituju. Termasuk informasi pendukung dan jarak yang akan dituju.

Misalnya Anda akan menuju satu mal. Tak hanya informasi mengenai mal yang ditampilkan. Tempat-tempat favorit yang ada di mal itu, seperti kafe akan disajikan. Anda juga bisa menyimpan lokasi. Kantor Anda, misalnya. Bila suatu saat Anda lupa jalan ke kantor, Nokia Drive bisa memandu Anda.

Kamera

Kamera pada Nokia Lumia 800 adalah 8 mega piksel, sementara Nokia Lumia 701 adalah 5 mega piksel. Bukan soal besaran sensor yang menjadi unggulan kamera ini. Namun aplikasi-aplikasi pengolah foto yang dibenamkan di kamera ini.

Aplikasi kamera default Windows Phone memberikan pilihan pengaturan yang beragam. Diantaranya adalah Scenes (portrait, landscape, sport, backlight, macro), White Balance, Exposure, ISO, Effect, Contast, Saturation, Flash, Digital zoom dan Autofocus.

Usai memotret, pengguna bisa melakukan korekasi hasil bidikan dengan menggunakan aplikasi autofix. Hasil pemotretan juga bisa dishare ke jejaring sosial atau media sosial, disimpan di menu favorit, dijadikan wallpaper, atau di share ke Sky Drive. Informasi mengenai foto yang di share akan muncul di home screen.

Di ponsel ini, Anda memiliki Album yang kaya. Selain Album hasil pemotretan sendiri, album foto kolega di jejaring sosial, anda juga memiliki album foto dari Skydrive yang telah dikompresi. Untuk memudahkan ingatan Anda kapan memotret, ada album date yang mengurutkan foto berdasar waktu pemotretan.

Aplikasi

Lumia juga kaya aplikasi. Pengguna bisa mengunduh aplikasi yang tersedia di Microsoft marketplace dan terus windows phone 7 app development. Paling tidak ada 55 ribu aplikasi tersedia di toko online ini, baik berbayar maupun tidak berbayar.

Nokia juga menyediakan aplikasi lokal untuk Lumia 800 dan Lumia 710. Ada tiga aplikasi yang dibenamkan yakni Movereak aplikasi yang menampilkan informasi lengkap mengenai film yang tengah diputar. Tidak saja menampilkan jadwal penayangan, aplikasi ini juga menyediakan informasi lengkap mengenai film bersangkutan, termasuk trillernya.

Ada planetix yang menyediakan informasi mengenai jadwal penerbangan maskapai penerbangan di Indonesia. Aplikasi lain adalah Daily Social suatu blog yang dikelola start up yang menyediakan informasi terkini tentang aplikasi, perkembangan aplikasi, termasuk teknologi informasi dan komunikasi.

Desain
Desain Lumia memang unik. Nokia menyebutnya sebagai desain unibodi( Nokia Lumia 800), karena tanpa ada skrup atau belahan di sekujur ponsel. Bahan polycarbonate yang terasa agak kesat. Nokia, tampaknya sengaja menggunakan polycarbonate untuk mengoptimalkan kinerja ponsel. Salah satu keunggukan polycarbonate  adalah tidak menghalangi sinyal, baik untuk sinyal seluler maupun GPS. Khusus untuk Nokia Lumia 710 tersedia lima piihan warna cover. Sehingga pengguna bisa berganti-ganti cover setiap hari.

 sumber : http://www.republika.co.id/

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

3 Comments

Add a Comment
  1. tapi sayang utk touchscreennya resistif ya

    shaleholic : Ya, hrsnya seperti iPhone sich 😀

  2. asik.. asikkk dapat… info menarikkk…:) thanks sob"

    shaleholic : Sama2 sob, moga bermanfaat

  3. yang diharap dari ponsel winokia.
    – bisa ngetik support blogspot.
    – internetan kenceng.
    – media player yg lengkap
    – instal fl studio
    – bisa sotoshop..
    – main gta4…

    poin 3 terakhir cuma bisa bilang: Ngimpiiiii….

    shaleholic : Walau mimpi tapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi, truslah bermimpi 😀

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap