Nikmat Juga Ujian

Ujian terkadang diartikan sebagai sesuatu yang susah, sulit dan menantang. Mereka merasa kalau menderita baik itu kemiskinan maupun terkena musibah, itulah yang dinamakan ujian padahal ujian tidak selama berbentuk kesusahan.

Ujian bisa juga datang dalam bentuk kenikmatan, baik itu berupa ilmu, harta, tahta dan wanita. Namun terkadang orang ketika mendapatkan sebuah kenikmatan, mereka menganggap itu sebagai sebuah rejeki yang diberikan oleh Allah SWT secara cuma-cuma. Padahal itulah sebenarnya ujian yang berat, banyak orang yang lulus ketika mendapatkan ujian berupa kemiskinan namun gagal ketika mendapatkan ujian berupa kekayaan.

Kenapa begitu? Karena mereka menganggap kekayaan sebagai sesuatu rejeki yang diberikan cuma-cuma namun mereka lupa bahwa di dalam kekayaannya terdapat hak-hak orang miskin, yatim piatu, dll. Karena itulah kenapa ada yang namanya zakat, sedekah hal itu perlu dilakukan untuk mensucikan harta kita dan juga menjauhkan sifat keduniawian yang berlebihan.

Jadi, ingatlah bahwa ujian tidak hanya berupa kesusahan tapi bisa berupa kenikmatan. Maka berhati-hatilah ketika mendapatkan sebuah kenikmatan jangan sampai kita terjebak di dalamnya karena nikmat juga ujian.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

13 Comments

Add a Comment
  1. 1. persiapan yang matang
    2. Jangan telat
    3. Jangan gugup/tenang

    akan membuat kamu tenang dalam menghadapi ujian

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap