Minuman yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari

7 Fakta tentang Air Mineral yang kita minum

shaleholic.com – Disaat produk-produk minuman kesehatan buatan pabrik membanjiri pasar, anda perlu mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih minuman tersebut. Sebenarnya, minuman yang paling baik bagi kesehatan tubuh adalah air mineral. Selain dapat menghilangkan rasa haus dengan cepat, air mineral juga dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh akibat keluarnya keringat, penggunaan cairan dalam tubuh untuk metabolisme dan bahkan bernafas. Selain itu air mineral tidak mengandung gula sehingga aman dikonsumsi sampai jumlah berapapun.

Bagi orang yang sudah terbiasa mengonsumsi minuman kesehatan dengan gula tambahan, air mineral bisa jadi tidak menarik sama sekali karena tidak memiliki rasa. Cara mengatasinya, buatlah infused water agar air mineral memiliki rasa yang lebih manis dan segar tanpa harus menggunakan pemanis buatan atau gula. Infused water adalah air mineral yang didalamnya diberi potongan buah-buahan dan tambahan lain untuk menambah kesegaran.

Beberapa jenis buah yang bisa ditambahkan untuk membuat infused water antara lain: buah dari keluarga jenis citrus seperti lemon atau jeruk, daun mint untuk rasa segar, irisan timun segar, dan strawberry yang sudah di haluskan. Selain segar dan menyehatkan, minuman jenis ini juga memiliki rasa sehingga anda tidak perlu lagi menghindari air mineral.

Sedangkan jenis minuman yang sebaiknya dikurangi jumlahnya atau bahkan dihindari antara lain:

Minuman bersoda, termasuk fruit punch. Soda dapat menyumbangkan kalori 150 kkal hanya dalam satu ukuran kaleng. Jika diibaratkan, hanya mengonsumsi minimal satu kaleng minuman soda perhari sudah dapat menambah berat badan sebesar 2,3 kilogram per tahun belum ditambah dengan konsumsi makanan sehari-hari. Sehingga minuman bersoda dapat meningkatkan resiko obesitas, penyakit jantung dan pembuluh darah serta diabetes mellitus.

Minuman olahraga. Minuman jenis ini memiliki segmentasi khusus yaitu bagi para atlet yang memang membutuhkan tinggi asupan karbohidrat, elektrolit dan cairan karena energi yang dikeluarkan juga cukup besar selama latihan berjam-jam tanpa henti.

Minuman berenergi. Minuman berenergi tidak hanya mengandung gula sebanyak minuam bersoda, tetapi juga mengandung tinggi kafein yang dapat meningkatkan tekanan darah. Sebaiknya jangan mengonsumsi minuman ini terutama jika aktivitas anda cenderung ringan dan sedang.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap