Mewaspadai Ebola di Negara-Negara Terjangkit

 2014-08-09-2830_1_ebola

shaleholic.com – Penyakit Ebola pertama kali muncul di benua Afrika pada tahun 1976 yaitu di negara Kongo. Selanjutnya nyaris setiap tahun muncul laporan kasus Ebola di berbagai negara di Afrika, namun setiap kali kasus tersebut muncul hanya menyerang satu negara saja. Kejadian berbeda terjadi pada wabah Ebola di tahun 2014 ini, dimana wabah Ebola muncul di banyak negara sekaligus terutama wilayah Afrika Barat.

Sejak bulan Maret 2014 hingga saat ini, telah ditemukan sebanyak 20.000 kasus penderita demam berdarah Ebola dengan tingkat kematian mencapai 70%. Berdasarkan data dari Center for Disease Control and Prevention, negara dengan kasus dan angka kematian tertinggi akibat Ebola adalah Guinea, Liberia, dan Sierra Leone. Dari ketiga negara tersebut, total jumlah kematian telah mencapai angka 4.941 dalam jangka waktu 7 bulan.

Kejadian ini membuat WHO membuat peringatan bahwa siapapun yang mendatangi wilayah manapun dari ketiga negara endemik Ebola tersebut akan berisiko tinggi terjangkit virus Ebola sehingga perjalanan dari dan ke negara-negara tersebut sangat diawasi ketat. Bagi mereka yang akan pergi baik dari negara Guinea, Liberia maupun Sierra Leone wajib menjalani karantina untuk memastikan kondisi kesehatan yang baik dan negatif terjangkit virus. Perjalanan menuju ketiga negara tersebut juga dibatasi dan hanya petugas medis yang diijinkan datang ke daerah-daerah terjangkit wabah, tentu dengan peralatan dan pakaian khusus untuk mencegah penularan virus Ebola ke orang yang sehat.

Beberapa waktu lalu ramai diberitakan jika penyakit Ebola telah menyerang sampai Amerika Serikat. Kenyataannya, kejadian tersebut bukanlah wabah melainkan petugas medis asal Amerika yang dikirim kembali ke negaranya untuk mendapat perawatan intensif setelah terkena virus saat berinteraksi dengan pasien di wilayah Afrika. Saat ini tidak ada peringatan kunjungan ke wilayah Amerika Serikat akibat ebola maupun ke negara-negara lain di luar Afrika.

Sedangkan untuk negara-negara Afrika lain seperti Mali, Senegal dan Nigeria, kasus Ebola hanya ditemukan pada 1 area saja. Aman bagi seseorang untuk berkunjung ke negara-negara tersebut selama tidak mengunjungi area yang terinfeksi maupun berinteraksi dengan penderita Ebola.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap