Merawat Bayi Baru Lahir: Kulit dan Kepala

merawat bayi

shaleholic.com – Memiliki momongan merupakan pengalaman dan kebahagiaan sendiri. Apalagi jika itu adalah anak pertama. Tentu merupakan sebuah pengalaman yang baru bagi anda dan pasangan. Tentunya banyak sekali pertanyaan mengenai tentang bayi, seperti merawat bayi baru lahir. Terkadang ada rasa khawatir, namun jika anda menuruti apa yang dikatakan oleh bidan maupun dokter, semuanya akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Merawat bayi yang baru lahir tentu bukan perkara mudah karena banyak hal yang anda perhatikan agar tidak ada masalah pada si bayi nanti kedepannya.

Kulit bayi yang baru lahir tentu harus mendapatkan perhatian khusus. Karena kulit yang kotor akan menjadi sarang penyakit. Paling tidak kulit bayi harus dibersihkan sehari sekali dengan dimandikan, baik di rendam di bak mandi maupun di lap dengan kain basah yang sebelumnya sudah dicampur dengan sabun bayi. Pilihlah sabun bayi yang mengandung Provitamin B, agar kulit bayi tetap lembut dan sehat. Penggunaan sabun bayi juga akan memberikan rasa yang nyaman bagi si bayi. Untuk menghindarkan bayi dari kulit kering, anda bisa menggunakan baby oil yang mengandung vitamin E, penggunaan baby oil akan membuat kulit bayi menjadi lembut dan terhindar dari lecet karena gerak.

Sedangkan untuk menghindarkan biang keringat, usahakan temperatur kamar tidak nyaman, jika anda tidak memiliki AC usahakan ventilasi kamar bayi baik untuk memperlancar sirkulasi udara. Jika kulit bayi terkena biang keringat, cukup gunakan bedak bayi yang mengandung Provitamin B agar kulit bayi tetap lembut. Gunakan bedak bayi tersebut di jam-jam si bayi banyak berkeringat, seperti saat siang hari, anda bisa mengelap keringat si bayi dengan menggunakan lap basah maupun tisu non alkohol. Lakukan hal ini secara rutin, khususnya bagi bayi yag mengalami biang keringat. Sedangkan untuk kulit kepala, anda bisa menggunakan daun seledri maupun shampo yang mengandung Provitamin B untuk merangsang pertumbuhan rambut. Itulah cara merawat bayi baru lahir,khususnya perawatan kulit bayi dan kulit kepala bayi.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap