Menulis Surat Pribadi

shaleholic.com – Surat merupakan salah satu alat komunikasi yang masih banyak digunakan. Ada dua macam jenis surat, yaitu surat kedinasan dan surat pribadi. Surat kedinasan adalah surat yang ditulis berkaitan dengan kepentingan kedinasan, kelembagaan. Pada umumnya, surat kedinasan bersifat resmi dan dibubuhi stempel. Adapun surat pribadi adalah salah satu bentuk surat-menyurat yang ditulis seorang sebagai pribadi dan tidak berkaitan dengan kedinasan. Pada umumnya, surat pribadi bersifat tidak resmi dan berisi masalah-masalah pribadi.

Meskipun bersifat tidak resmi, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat pribadi, antara lain etika dan sopan-santun berkirim surat. Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi tergantung dari orang yang menerima surat. Misalnya, menulis surat kepada guru berbeda bahasanya dengan menulis surat kepada sahabatmu.

Apabila kamu menulis surat kepada guru, sebaiknya menggunakan bahasa baku atau formal. Lain halnya jika kamu menulis surat kepada sahabatmu, tidak harus menggunakan bahasa baku tetapi dapat memakai bahasa santai atau bahasa yang biasa kamu pakai dalam pergaulan sehari-hari. Seperti surat-surat yang lain, surat pribadi juga mempunyai format atau pola tertentu.

Contoh Format Surat Pribadi

Dari contoh tersebut, terlihat pola penulisan surat pribadi. Pola atau format tersebut adalah sebagai berikut.

a.   Kota dan tanggal surat.
b.   Nama dan alamat penerimaan surat (sering kali tidak ditulis karena biasanya sudah dicantumkan pada amplop surat).
c.   Salam pembuka.
d.   Paragraf pembuka.
e.   Isi surat.
f.    Paragraf penutup.
g.   Salam penutup.
h.   Nama dan tanda tangan pengirim surat.

Contoh Isi Surat Pribadi

Apabila kamu menulis surat pasti mempunyai maksud atau tujuan. Maksud atau tujuan tersebut, biasanya tercantum dalam isi surat. Isi surat pribadi dapat bermacam-macam hal atau keperluan, yaitu sebagai berikut.

  • Contoh Surat Undangan

  • Contoh Surat Penerimaan

  • Contoh Surat Penolakan

  • Contoh Surat Permohonan dan Minta Penjelasan

Sumber tulisan dan foto :
  • BSE Aktif Berbahasa Indonesia Karya Dewi Indrawati & Didik Durianto Untuk SMP/MTs Kelas VII, Hal 57

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap