Menulis Memang Mudah

Entah kenapa dalam beberapa hari ini, aku sering ke gramedia walaupun hanya sekedar membaca (mumpung gratis…hehehe).

Setiap kali ke sana aku selalu melihat banyak buku yang membahas masalah menulis yang intinya sama bahwa menulis itu mudah. Namun entah kenapa aku merasa itu agak ganjil dengan pemikiranku. Menulis bagiku memang mudah bahkan anak TK pun bisa melakukannya ketika dia menulis huruf A maka dia sudah bisa menulis.

Namun terkadang ada saja orang yang bilang tulis saja apa yang ingin kamu tulis, namun yang sulit itu bagiku adalah bagaimana kita menuangkan apa yang ada di otak kita (baik pemikiran, pengalaman atau apa saja) ke dalam suatu tulisan dan kalaupun itu bisa kita harus berusaha lagi, bagaimana merangkai kata-kata itu supaya enak dibaca oleh orang lain. Itulah yang sulitnya.

Sebab kalau hanya menulis dan terus menulis tanpa pertimbangan bagaimana kata-kata itu bisa enak dibaca, bukan mustahil itu malah membikin orang tidak jadi membaca dan malah memberikan sumpah serapah “tulisan apaan ini, bingung membacanya, kata-katanya berputar tak karuan”.

Jadi, menulis memang mudah tapi yang sulit itu, bagaimana menuangkannya ke dalam bentuk tulisan dan mengatur kata-katanya supaya enak dibaca.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

5 Comments

Add a Comment
  1. Setuju..menulis sesuatu yang menarik itu sebuah proses. karena menulis bukanlah bakat yang bisa didapat dari bawaan orok tapi sebuah ketrampilan yang bisa dipelajari. Practice make perfect..”keep writing”

  2. Menjadi guru yang selalu menulis setiap hari adalah pilihan saya.
    Guru Mi Menulis

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap