Menu Praktis Makan Sahur

Makan sahur tentunya menjadi rutinitas dalam ramadan karena kalau tak makan saat sahur biasanya badan akan terasa lemah saat siang hari namun terkadang tak semua orang sempat bangun sahur. Ada kalanya kita kepepet bangun sahur hingga menjelang imsak tiba. Nah, untuk mensiasati waktu yang kepepet itu, saya mencoba membagi menu sahur praktis untuk yang kepepet sahur :). Walaupun ini menu praktis namun komplet nutrisinya. Informasi ini saya ambil dari food.detik.com.

  • Nasi, telur dadar dan abon
Pilihan praktis ini bisa disajikan saat kesiangan bangun sahur. 100 g nasi dengan taburan abon dan telur dadar mengandung nutrisi sekitar 287,2 kkal energi, 17,97 g protein, 11,97 g lemak, 40,42 g karbohidrat dan 0,2 g serat. Anda juga bisa tambahkan segelas susu skim, dengan tambahan kalori sekitar 36 kkal energi
  • Mi rebus plus telur
Cukup lima menit membuatnya, mi instan plus telur adalah salah satu menu andalan saat terlambat bangun sahur. Agar nutrisinya bertambah bisa ditambah sayuran seperti caisim dan tauge. Seporsinya mengandung nutrisi sekitar 211,2 kkal energi, 8,87 g protein, 7,48 g lemak, 7,42 g karbohidrat dan 6 g serat.
  • Nasi, rendang dan kerupuk
Rendang merupakan lauk yang bisa disimpan. Saat kesiangan bangun menu ini bisa jadi pilihan tepat. Mengandung energi sebanyak 450 kkal, 14 g protein, 9 g lemak, 39 g karbohidrat dan 0,2 serat. Untuk tambahannya Anda bisa meminum teh hangat atau susu skim.
  • Mi goreng instan plus telur
Mi instan adalah makanan yang paling banyak disukai saat puasa. Jika ingin dijadikan menu sahur, tambahkan juga telur dan sayuran. Seporsinya Anda akan mendapatkan cukup nutrisi, yaitu 410 kkal energi, 5 g protein, 3,3 g lemak, 7 g karbohidrat dan 6 g serat.
  • Nasi goreng plus telur
Menu sarapan ini juga cocok disantap saat sahur. Tambahkan telur, irisan tomat dan mentimun juga boleh. Seporsinya mengandung, 500 kkkal energi, 2 g protein, 5 g lemak dan 6 g serat. Teh hangat cocok dijadikan minuman pelengkapnya.
  • Roti Tawar, selai dan keju
Roti juga sering jadi pilihan. Lengkapi roti tawar dengan selai dan keju agar nutrisinya semakin lengkap. Ditambah segelas susu akan lebih komplet. Satu paket menu ini mengandung 300 kkal energi, 18 g protein, 12 g lemak, 35 g karbohidrat dan 6 g serat.

 

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap