Menjalin Komunikasi Agar Keluarga Harmonis

Cinta-Keluarga

shaleholic.com – Tips keluarga harmonis yang terpenting adalah komunikasi. Karena dengan komunikasi yang baik maka segala permasalahan yang ada dalam keluarga dapat diatasi. Komunikasi juga menunjukkan kepedulian kita terhadap sesama anggota keluarga. Dengan terjalinnya komunikasi yang baik maka antar anggota keluarga dapat saling mengandalkan dan memotivasi satu sama lain.

Komunikasi yang perlu kita jalin dalam suatu keluarga adalah komunikasi rutin setiap waktu. Menjadi keluarga berarti bisa menjadi telinga bagi anggota keluarga lainnya. Peran kepala keluarga dalam menjalin komunikasi sangat penting. Meski kebanyakan kepala keluarga juga biasanya memiliki aktivitas yang padat, namun keluarga tetap harus menjadi nomor satu. Interaksi rutin dapat dibentuk dari mulai obrolan ringan di meja makan, obrolan ringan di ruang keluarga hingga interaksi dari hati ke hati dengan anggota keluarga Anda. Rumah Anda juga akan “hidup” jika di dalamnya terdapat komunikasi yang baik antar anggota keluarga. Sempatkan untuk menanyakan kegiatan anak-anak kita disertai permasalahan yang mereka hadapi sehingga kita dapat memantau perkembangan anak dan dapat memberi nasihat dan perhatian bagi anak-anak kita.

Tips keluarga harmonis di atas harus dimulai sesegera mungkin sebelum anak menjadi sungkan untuk mengobrol dengan orang tuanya. Adanya dinding yang menghalangi komunikasi antar anggota keluarga harus dicairkan misalnya dengan kegiatan liburan atau menginap bersama. Jadikan keluarga Anda sebagai satu kesatuan yang bahu membahu menyeselaikan semua permasalahan anggota keluarga.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap