Menjaga Kesehatan Lewat Pola Makan

Pola-makan-sehat

shaleholic.com – Tips kesehatan yang akan dibahas kali ini berkaitan dengan pola makan. Anda mungkin sudah cukup sering mendengar berbagai teori mengenai hal ini. Saya akan membagikan sebuah tips mengenai pola makan berdasarkan Ayurveda atau sebuah sistem medis kuno dari India yang menyebutkan bahwa kita seharusnya berhenti makan ketika matahari sudah terbenam atau ketika hari sudah gelap. Menurut teori tersebut, matahari adalah faktor terbesar pencernaan makanan. Jadi, ketika matahari sudah terbenam, artinya sistem pencernaan kita akan terganggu. Tubuh tidak akan mencerna makanan dengan baik, dan makanan yang tidak tercerna akan berubah menjadi racun untuk tubuh. Hmm.. apakah benar?

Sebenarnya teori tersebut sama persis dengan pembagian “jam kerja” sistem penceraan. Sistem pencernaan bekerja dalam 3 pembagian waktu. Jam 4 pagi hingga jam 12 siang waktunya tubuh untuk mengeluarkan hasil cerna, 12 siang hingga 8 malam adalah fase pemasukan makanan, dan jam 8 malam hingga 4 pagi merupakan fase penyerapan. Jam 8 malam ke atas sudah melewati fase pemasukan, jadi memang sudah seharusnya kita berhenti makan pada jam tersebut. Makanan yang masuk ke dalam tubuh di atas jam 8 tidak akan terproses dengan baik dan menghasilkan “sampah” makanan yang akan memicu timbulnya berbagai penyakit. Inilah yang dimaksud “racun” dalam teori Ayurveda. Jika kita mematuhi aturan tersebut, tubuh akan menjalankan tugasnya untuk menyerap makanan sebagai bahan baku pembaharuan dan perbaikan sel dengan maksimal. Semoga tips kesehatan ini bermanfaat.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap