Menggugat Dasar Berlakunya Rasio Rombel Dalam Dapodik

shaleholic.com – Para guru sertifikasi di daerah kini mulai terserang wabah galau karena secara mendadak di lembar info PTK data mereka menjadi merah dan tidak linier dan ternyata hal itu dikarenakan dapodik memberlakukan rasio siswa perombel dalam satuan pendidikan. Padahal berdasarkan info terdahulu bahwa rasio itu akan diberlakukan pada tahun 2016 namun sepertinya pemerintah sudah tidak sabaran untuk memberlakukan rasio 1:10 untuk SD, 1:20 untuk SMP/SMU/SMK dan akhirnya dengan berpatokan pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 60 Tahun 2002 tentang pedoman Pendirian Sekolah maka dimulailah era “menghancurkan” sekolah di pinggiran.

rasio rombel

Pemberlakuan Kepmendiknas tentang pedoman pendirian sekolah seharusnya juga melihat dari sisi lain karena kepmendiknas yang berisi syarat mendirikan sebuah sekolah tidak bisa dipaksakan untuk sekolah yang sudah berdiri bertahun-tahun serta sudah meluluskan beberapa alumninya. Kalau mau adil seharusnya juga melihat bagaimana saat sekolah itu saat berdiri, apakah saat sekolah itu didirikan sudah memenuhi syarat diatas atau belum, kalau belum barulah dicarikan solusinya.

Selain itu, Kepmendiknas no 6o tahun 2002 sendiri sudah dinyatakan tidak berlaku lagi sejak dikeluarkannya permendikbud No. 36 Tahun 2014. Bagaimana mungkin sebuah Kepmendiknas yang sudah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi tiba-tiba menjadi acuan dalam dapodik.

Screenshot_1

Atau memang pemerintah sedang “berniat” untuk menghapus sekolah pinggiran biar sekolah hanya ada di kota, membiarkan anak desa menjadi buta huruf lagi, atau … ah sudahlah, terlalu sedih dan marah untuk diungkapkan. Semoga kalian yang memberlakukan keputusan rasio ini menjadi “manusia setengah dewa”.

Bagi bapak/ibu yang ingin membaca Kepmendiknas No.60 Tahun 2002 bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini

download

Kemudian bagi yang juga ingin menelaah lebih lanjut silakan unduh Permendikbud No.36 Tahun 2014 melalui link dibawah ini

download

 

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap