Menggalakkan Menulis Di Kalangan Guru

sumber : kompi.org

shaleholic.com – Menulis bukan sesuatu yang mudah dilakukan walaupun seringkali kita mendengar atau bahkan membaca buku yang mengatakan menulis itu mudah. Mungkin bagi yang menulis buku tersebut menulis baginya memang benar-benar mudah namun sebenarnya kata-kata itu bagi saya hanyalah sekedar motivasi bukan menjadi realita sesungguhnya karena bagaimanapun menulis itu sulit. Kenapa saya mengatakan menulis itu sulit karena kalau menulis itu mudah maka tentunya banyak guru tak terperangkap di golongan IVa saja.

Menurut Henry Guntur Tarigan (1986: 15) menyatakan bahwa menulis dapat diartikan sebagai kegiatan menuangkan ide/gagasan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai media penyampai. Menurut Heaton dalam St. Y. Slamet (2008: 141) menulis merupakan keterampilan yang sukar dan kompleks. Menulis menurut McCrimmon dalam St. Y. Slamet (2008: 141) merupakan kegiatan menggali pikiran dan perasaan mengenai suatu subjek, memilih hal-hal yang akan ditulis, menentukan cara menuliskannya sehingga pembaca dapat memahaminya dengan mudah dan jelas. St. Y. Slamet (2008: 72) sendiri mengemukakan pendapatnya tentang menulis yaitu kegiatan yang memerlukan kemampuan yang bersifat kompleks.

Dari beberapa penjelasan tentang menulis tersebut dapat kita simpulkan menulis itu adalah sebuah kegiatan menuangkan ide/gagasan melalui bahasa tulis yang bertujuan agar pembaca dapat memahaminya ide/gagasan tersebut dengan mudah dan jelas dan itu memerlukan kemampuan yang bersifat kompleks karena menulis merupakan keterampilan yang sukar.

Ketika mengetahui ternyata menulis itu sulit, lalu apa kita dengan sendirinya akan mundur dan berhenti bercita-cita menjadi penulis. Kalau itu terjadi mungkin memang anda belum siap menjadi seorang yang suka menulis. Seperti kata seorang teman di facebook, buat apa kita memberikan motivasi maupun cerita inspirasi kalau ternyata dalam dirinya sendiri tidak ada motivasi dan keinginan mendapatkan inspirasi. Kalau dipaksakan pada akhirnya hanya masuk telinga kanan lalu keluar kembali di telinga kiri.

Menulis sama dengan halnya dengan komponen bahasa Indonesia lainnya seperti membaca, mendengarkan, dan berbicara. Untuk bisa menulis kita juga harus berlatih. Untuk mulai belajar menulis cobalah banyak membaca buku atau mendengarkan kisah/berita atau informasi apa saja lalu buatlah sebuah tulisan dari sisi yang berbeda. Misalnya, sekarang sedang heboh dengan pemberitaan adanya video porno yang dilakukan oleh segelintir siswa sekolah dan media seringkali memojokkan guru dalam pemberitaannya seakan-akan guru memberikan pembiaran atas kejadian itu.

Saya yakin Bapak/Ibu Guru tentu punya pendapat masing-masing tentang kejadian tersebut dan saya juga yakin sering kali Bapak/Ibu mengeluarkan pendapatnya melalui kata-kata. Nah, cobalah Bapak/Ibu Guru menuliskan kembali pendapat tersebut ke dalam bentuk tulisan. Buka Word dan ketiklah. Kalau Bapak/Ibu Guru sudah mulai menyenangi kegiatan menulis maka hal itu akan membuka jalan pikiran kita untuk berpikir kritis.

Ketika menulis sudah menjadi mudah bagi Bapak/Ibu maka mulailah mengirimkan tulisan Bapak/Ibu ke berbagai surat kabar lokal namun kalau sudah merasa yakin dan mampu bisa saja langsung mengirimkan ke koran nasional. Lalu bagaimana kalau kita malu? Ada cara yang mudah agar Bapak/Ibu lebih percaya diri dengan tulisannya sendiri ialah dengan mempublikasikan tulisan Bapak/Ibu ke dunia maya khususnya di sosial media seperti facebook maupun blog pribadi. Cobalah bagikan tulisan tersebut dan mintalah pendapat teman-teman maya Bapak/Ibu untuk memberikan komentar atas tulisan tersebut dan jangan pernah tersinggung kalau ternyata ada teman maya Bapak/Ibu Guru memberikan kritikan yang pedas dan mungkin bisa membuat marah. Jangan pernah menyerah dengan semua komentar tersebut tapi jadikan hal itu sebagai sebuah semangat baru untuk menjadikan tulisan lebih baik lagi.

Saatnya kegiatan menulis menjadi sebuah hal yang menyenangkan dan nyaman bagi guru karena guru sudah merasa nyaman maka akan dengan mudah kita bisa menularkan pengalaman menulis yang menyenangkan. Mari galakkan menulis di kalangan guru.

Mari menulis!

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap