Mengenali Penyebab Radang Tenggorokan

obat-radang-tenggorokan1

shaleholic.com – Radang tenggorokan atau yang disebut juga faringitis adalah suatu kondisi dimana terjadi infeksi pada bagian tenggorokan atau faring manusia, sehingga menimbulkan inflamasi. Ciri-cirinya, bagian faring tersebut akan mengalami pembengkakan, warna kemerahan hingga nyeri saat menelan. Gejala inflamasi pada faring dapat terjadi pada salah satu atau sekaligus ketiga bagian ini.

  1. Bagian belakang lidah
  2. Bagian langit-langit mulut
  3. Bagian tonsil, jaringan berdaging yang terdapat di tengah tenggorokan dan berfungsi sebagai pertahanan terhadap infeksi virus.

Penyebab utama gangguan tenggorokan memang terjadi akibat serangan virus atau bakteri, sehingga biasanya inflamasi terjadi pada tonsil yang merupakan pertanda bahwa sistem imunitas tenggorokan sedang bekerja untuk melawan infeksi dari virus atau bakteri tersebut. Oleh karena itu dulu radang tenggorokan atau faringitis sering disebut juga dengan tonsillitis.

Sebanyak 90% penyebab infeksi pada tenggorokan disebabkan oleh virus. Walaupun orang yang sedang mengalami influenza atau flu dan herpes simplex oral juga dapat mengalami radang tenggorokan sebagai salah satu gejalanya, namun biasanya terdapat gejala lain selain radang tenggorokan tersebut. Kejadian radang tenggorokan biasanya banyak terjadi saat musim dingin atau dimasa peralihan antara musim dingin dengan musim panas. Karena pada masa ini biasanya orang hanya berdiam dalam ruangan dengan ventilasi udara yang kurang baik sehingga virus dapat berkembang dengan sangat cepat.

Virus tersebut dapat menyebar melalui udara dengan menempel pada cairan yang dihasilkan oleh bersin atau batuk yang dikeluarkan oleh orang yang sudah terinfeksi oleh virus sebelumnya. Kemudian virus tersebut menempel pada tangan yang tidak dicuci yang sudah berinteraksi dengan cairan tubuh dari penderita yang terinfeksi virus. Akibatnya saat tangan yang kotor tersebut mengambil makanan dan masuk ke dalam mulut, virus ikut masuk dan mulai menyerang bagian tenggorokan manusia. Tonsil yang berfungsi sebagai pertahanan sistem imun tubuh mulai mengalami inflamasi dan terjadilah radang tenggorokan.

Oleh karena itu sebaiknya biasakan untuk selalu mencuci tangan terutama setelah beraktifitas atau memegang barang-barang di rumah dan sebelum makan. Hal ini untuk mematikan virus yang ada di tangan sehingga tubuh terhindar dari berbagai infeksi, salah satunya faringitis.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap