Mengenal Apa itu Keylogger

shaleholic.com – Dunia kini ada dihadapan anda. Begitulah kira-kira kondisi yang terjadi saat ini, dunia bisa dengan mudah kita jelajahi melalui internet bahkan mengunjungi tempat yang mungkin masih dalam tahap angan-angan. Internet juga membuat mereka yang jauh terasa begitu dekat sehingga kerinduan bisa terobati. Teknologi memang semakin memudahkan para penggunaannya dan ada banyak kebaikan disana namun tentu saja dibalik kemajuan teknologi tersimpan juga sebuah celah untuk memulai kejahatan. Salah satunya adalah mencuri data dari komputer. Dari sekian banyak trik cara pencurian data komputer, salah satunya adalah keylogger.

Apa itu Keylogger?

Bagi yang belum pernah mendengar kata keylogger mungkin akan bertanya-tanya what is a keylogger?. Keylogger merupakan sebuah software atau hardware yang punya kemampuan merekam semua aktivitas keyboard dari calon korban.

Jenis Keylogger

Secara umum keylogger dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Hardware Keylogger dan Software Keylogger.

Hardware Keylogger

can-a-computer-spyware-detect-ps2-hardware-keyloggers1Cara kerja Hardware Keylogger ini sangat mudah, cukup diinputkan ke port PS2, lalu inputkan port keyboard diatasnya. Hardware keylogger yang ditancapkan pada keyboard akan merekam semua segala aktivitas yang menggunakan keyboard. Cara ini lebih efektif daripada software keylogger. Dikarenakan antivirus tidak bisa mendeteksinya. Walau cenderung mahal, tapi alat ini dapat menyimpan data rekaman sampai setahun lamanya. Alat ini juga diluar dari system. Menyimpan di memory tersendiri. Sehingga hanya orang yang mengaktifkannya yang dapat membukanya.

Tapi ada satu kekurangannya, hardware keylogger ini dapat terlihat, jadi kalau anda sedang online di warnet/komputer publik cobalah perhatikan belakang CPU dan apabila anda melihat sesuatu yang aneh di port keyboardnya. Berhati-hatilah, mungkin saja komputer yang anda gunakan sudah dipasangi Keylogger.

Software Keylogger

Sebaliknya softwarenya Keyloger ini bekerja sangat sederhana, di mana dia akan berjalan tanpa sepengetahuan si pengguna lain kecuali si pemasang. Tinggal diinstal di komputer, lalu orang yang menggunakan komputer tersebut akan terekam seluruh kegiatannya yang menggunakan keyboard, termasuk kegiatan memasukkan password, username ataupun email. Bisa saja hal ini dilakukan oleh para pemilik atau penjaga warnet yang iseng dan tidak bertanggung jawab, atau bisa saja dilakukan oleh si pengguna komputer sebelumnya dengan cara mematikan fungsi antivirus atau pelindungnya terlebih dahulu lalu kemudian menginstal keylogger.

Aplikasi ini juga bisa dimodifikasi menjadi sebuah trojan, di mana dia akan melakukan instal sendiri begitu si penerima email membukanya. Selanjutnya trojan ini akan mencatat semua aktifitas Anda dan mengirimkan data-data tadi ke sipencuri melalui email saat komputer korban terkoneksi.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap