Memilih Penawaran untuk Kredit Rumah Murah

Ternyata memilih penawaran untuk biaya kredit rumah  atau KPR (kredit pemilikan rumah) itu memang sebuah hal yang cukup rumit. Hal ini bisa dibilang sama rumitnya dengan ketika kita memilih rumah idaman. Semua bank, mempunyai penawaran produk-produk KPR. Beberapa diantara mereka ada yang menawarkan bunga murah pada 3 tahun pertama, ada yang memberi periode waktu cicilan sampai 25 tahun dan lain sebagainya. Lalu bagaimana trik dan tips memilih KPR supaya dapat lebih hemat?

kredit rumah murah

 

Indonesia memiliki banyak sekali bank yang menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR). Terdapat bank asing, bank BUMN serta bank swasta. Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah luangkanlah waktu Anda untuk mencari tahu kelebihan serta kekurangan dari penawaran-penawaran bank tersebut. Anda bisa mendatangi bank tersebut satu-persatu serta bertanya tentang penawaran KPR mereka.

Apabila Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk mendatangi satu persatu, Anda juga bisa memanfaatkan situs perbandingan produk-produk keuangan guna mengetahui penawaran dari produk-produk KPR. Dalam pemilihan biaya kredit rumah 2018 sangat disarankan agar Anda mencari testimoni ataupun berdiskusi dengan teman kerja, saudara, tetangga maupun kenalan Anda yang sebelumnya pernah mengambil fasilitas KPR. Cari tahu informasi-informasi penting mengenai pengajuan KPR, proses KPR dan lain sebagainya.

Saat ini, kebanyakan orang awam kurang familiar dengan jenis-jenis bunga bank serta cara perhitungannya. Bank mengenal tiga jenis metode yang digunakan  untuk menghitung bunga yakni bunga tetap (fixed), efektif (effective) dan juga anuitas (annuity). Pada umumnya bank memakai metode perhitungan bunga anuitas, supaya tidak mempersulit nasabah. Oleh sebab itu cicilan setiap periode jumlahnya akan tetap.  Sekali lagi ketiga metode tersebut di atas merupakan metode yang dipakai dalam melakukan perhitungan.

Tentang jenis bunga, kita mengenal terdapat bunga tetap (fix rate) serta bunga mengambang (floating rate). Bunga mengambang ini memiliki arti bank mengikuti pergerakan suku bunga yang ada di pasaran. Suku bunga ini mengikuti suku bunga yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia – BI Rate. Bunga KPR pada umumnya ditulis seperti ini 9.0% p.a., yang berarti bunga yang dikenakan adalah 9% per tahun (p.a = per annum atau tahunan). Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih Kredit Rumah Murah.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap