Masjid Jompo

Masjid adalah rumah Allah sekaligus tempat ibadah bagi kaum muslim sedangkan Jompo berarti tua atau uzur. Jompo sendiri identik dengan kata panti jompo namun kali ini saya tidak memadankan hal itu namun memadankannya dengan masjid. Kata Masjid Jompo ini tidak bermaksud untuk hal-hal yang tidak baik.

Baiklah saya akan menjelaskan kenapa saya mengatakan masjid jompo, begini entah kenapa terkadang bila pergi ke masjid pikiran saya selalu aneh ketika melihat mereka-mereka yang ada di dalam masjid terutama saat salat subuh. Shaf yang hanya terisi dua shaf saja dari maksimal sekitar 20an lebih ternyata mayoritas diisi oleh mereka-mereka yang bisa dikategorikan jompo.

Saya tidak tahu kemana para pemudanya, apa masih saja berselimut kedinginan sementara orang yang sudah jompo saja sanggup menahan dingin subuh bahkan mereka sebagian besar sudah mandi sebelum azan subuh.

Setiap kali melihat hal-hal itu selalu saja saya berpikir, kenapa masjid harus seperti itu. Seakan-akan masjid hanya khusus bagi mereka yang sudah jompo dan terkesan diabaikan oleh mereka yang muda. Padahal umur tak pernah ada yang bisa menduga, maut bisa datang kapan saja dan dimana saja.

Sudah saatnya memakmurkan masjid, mari isi masjid, jangan biarkan masjid menjadi masjid jompo.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

12 Comments

Add a Comment
  1. ketika mau komen, gambar masjidnya bukan gambar masijid jompo lagi telah berubah iklan, hehe

    shaleholic : 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap