Malaysia, Patenkan Aja Lagi

Tulisan ini dibuat bukan karena saya setuju dengan kelakuan Malaysia terhadap negeri ini atau karena saya tidak punya rasa nasionalisme. Tapi ini hanya sekedar pemikiran saya. Ketika baru-baru ini malaysia dikatakan mau mematenkan Reog dan Wayang kulit. Negeri ini ribut bukan kepalang, mereka menghujat, menyumpah bahkan berdemonstrasi untuk menentangnya.

Saya pun marah akan hal itu tapi di sisi pemikiran saya yang lain. Saya merasa beruntung Malaysia mau mematenkan kebudayaan negeri ini. Kenapa begitu…? karena penguasa negeri ini pun tidak terlalu memikirkannya. Mereka sibuk dengan hal-hal yang menyangkut diri sendiri dan jarang memikirkan rakyat (artinya…masih ada memikirkan). Membiarkan dia mati diserang budaya barat dan kalaupun melestarikannya, itu hanya yang bisa dijual ke luar negeri dalam bentuk pariwisata.

Negeri ini seakan sebuah tempat yang tak berhukum, mereka hanya bisa memprotes dan memprotes ketika ada orang yang mau mengambil haknya namun mereka sendiri tidak pernah
berusaha bagaimana melindungi haknya. Negeri ini begitu kaya akan alam dan budayanya namun terasa miskin dalam pemikirannya. Orang-orang negeri ini hanya memikirkan bagaimana uang dan uang bisa selalu ada di kantong tapi tidak pernah berpikir bagaimana cara uang itu bisa berguna bagi rakyatnya.

Negeri ini memang kaya tapi tidak tahu bagaimana cara menggunakannya.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

2 Comments

Add a Comment
  1. setuju. kita memang “terlalu kaya”. sehingga tidak merasa perlu untuk melindungi kekayaan kita sendiri.

    malaysia, setidaknya telah mengingatkan kita akan kenyataan demikian.

    salam.

  2. Setidaknya dengan adanya kasus ini kita jadi tersadar bahwa kita masih mempunya PR besar tentang hak cipta

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap