Makanan Pedas Dapat Menyebabkan Sering Buang Air Besar

buang air besar

Hampir setiap orang suka dengan makanan pedas terutama pada kaum wanita, nampaknya makanan tanpa dibarengi dengan suatu hal yang pedas rasanya tidak enak. Berbagai macam makanan yang pedas sudah akrab di lidah kita contohnya seperti bakso, soto, dan makanan lain yang kurang lengkap jika tidak dibarengi dengan makanan pedas. Namun dibalik semua kenikmatan makanan pedas ini pun bisa mengakibatkan dampak yang buruk bagi kesehatan kita. Dalam setiap hal pasti ada hal positif dan negatifnya, makanan yang kita makan terutama yang pedas juga dapat mendatangkan  efek buruk bagi kesehatan diantaranya adalah sering buang air besar atau biasa yang disebut diare.

Tentunya anda sudah mengetahui konsekuensi dari makan makanan yang pedas, yaitu menyebabkan sering buang air besar. Makanan pedas memang dapat menambah  selera makan kita namun jika dikonsumsi terlalu banyak akan akan berdampak buruk bagi kesahatan, hal yang akan kita rasakan setelah memakannya  yaitu membuat perut tidak nyaman, efek pedas dalam cabai  juga dapat menyebabkan lambung perih, hal ini disebabkan karena dinding lambung menipis, rapuh dan rentan terhadap infeksi. Ketika seseorang terkena diare, tinja yang dikeluarkan berubah menjadi cair dan terdapat peningkatan frekuensi  lebih dari 3 kali dalam satu hari, ini bisa terjadi selama kurang dari dua minggu. Bahkan jika terlalu parah akan menyebabkan penyakit disentri, disentri adalah penyakit radang selaput lender usus besar dengan gejala utama berupa sering buang air besar bercampur lendir.

Makan makanan pedas memang nikmat selagi dikonsumsi yang dapat menimbulkan sensasi yang membuat orang lagi dan lagi untuk mencicipinya. Selagi memakan nya kita sering kali lupa akan dampak yang ditimbulkan setelahnya, memang tidak ada aturan yang melarang orang mengkonsumsi makanan pedas akan tetapi memakan makanan yang pedas harus diatur secara seimbang jangan sampai karena kenikmatan makanan ini menjadi boomerang buat kita ujung-ujungnya diri sendirilah yang menanggung akibatnya. Hal yang bisa disarankan adalah dengan mengurangi makanan pedas mengatur porsinya dan mengimbanginya dengan makanan yang baik untuk kesehatan perut kita.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap