Lomba Menulis Cerita Siswa SD/MI dan SMP/MTs 2015

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar kembali menggelar lomba menulis cerita cerita. Lomba yang memasuki tahun ke-5 ini saya diminati oleh ribuan siswa. Hal itu bisa dilihat dari penyelenggaraan LMC tahun lalu, panitia menerima 3.134 naskah peserta, terdiri dari 1.205 naskah LMC-SD/MI dan 1.929 naskah SMP/MTs. Selain menjadi ajang persaingan siswa, lomba ini tentunya bisa menjadi salah satu ajang kreativitas siswa dalam menulis. Sebagaimana tahun sebelumnya, tahun ini Dirjen Dikdas juga akan memberikan hadiah menarik bagi para pemenang baik berupa uang dan piagam penghargaan.

Untuk pemenang 1, akan menerima hadiah uang sebesar Rp6 juta, pemenang 2 Rp5 juta, pemenang 3 Rp4,5 juta, pemenang 4 s.d. 6 Rp4 juta, dan pemenang 7 s.d. 10 Rp3,5 juta. Ada hadiah hiburan tambahan untuk tiap pemenang.

Ada 14 tema yang boleh dipilih peserta yaitu kejujuran, ketulusan, disiplin, kerja keras, cinta tanah air, cinta lingkungan, kasih sayang, kesabaran, sopan santun, toleransi, kepedulian sosial, semangat gotong-royong, kepedulian terhadap bencana alam, dan semangat kebaharian. Tulisan dalam bentuk cerita pendek (cerpen) sepanjang 3-6 halaman untuk LMC- SD/MI dan 4-10 halaman untuk LMC-SMP/MTs.

Untuk LMC-SD/MI, kepesertaan terbuka untuk siswa kelas III-VI. Naskah belum pernah dipublikasikan di media manapun. Pembuatannya pun tidak boleh dibantu oleh orang tua, guru, dan teman. Tiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah.

Naskah dikirim ke alamat:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Sub Output Pembinaan Pendidikan Estetika pada Subbag Rumah Tangga Bagian Umum, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kompleks Kemdikbud, Gedung E Lantai 5, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270.

Naskah boleh dikirim langsung ke alamat di atas atau melalui pos paling lambat 1 September 2015 (cap pos). Pengiriman naskah disertai biodata (klik di sini).

Nama pemenang akan diumumkan pada 16 November 2015 melalui laman Ditjen Dikdas (dikdas.kemdikbud.go.id). Sepuluh naskah dari masing-masing kategori akan dipilih sebagai finalis. Kesepuluh finalis akan diundang untuk mengikuti workshop di Jakarta pada akhir 2015. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan klik poster LMC-SD/MI dan LMC-SMP/MTs.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap