Lomba Blog Pendidikan Keluarga

Keluarga merupakan pendidik yang pertama dan utama. Peran penting keluarga dalam pendidikan telah dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara sejak tahun 1935, sebagai bagian dari Tri Sentra Pendidikan, yaitu: alam keluarga, alam perguruan, dan alam pergerakan pemuda. Kemitraan Tri Sentra Pendidikan diharapkan dapat membangun ekosistem pendidikan yang mampu menumbuhkembangkan karakter dan budaya berprestasi.

Berbagai tantangan pendidikan anak di era globalisasi perlu disikapi bersama. Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat mempunyai peran sentral dalam pendidikan. Peran keluarga dalam mendukung pendidikan anak di satuan pendidikan perlu ditingkatkan sehingga akan mendorong terciptanya ekosistem pendidikan yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi tumbuh kembang anak.

Fenomena kecenderungan global ditandai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2016 menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia dari tahun ke
tahun semakin meningkat. Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2016 sekitar 132,7 juta jiwa. Media yang digunakan sebagian besar adalah gawai, dengan jumlah pengguna sekitar 67,2 juta jiwa. Sebanyak 34 juta pelajar adalah pengguna internet.

Pedoman Lomba Blog Pendidikan Keluarga by Isnaini Shaleh on Scribd


Perkembangan teknologi dan komunikasi memberikan tantangan dalam pendidikan anak di zaman sekarang. Besarnya jumlah pengguna internet dari kalangan pelajar perlu menjadi perhatian bagi dunia pendidikan. Berbagai konten terdapat dalam internet baik positif maupun negatif. Penyalahgunaan internet seperti mengakses konten negatif akan berpengaruh bagi tumbuh kembang anak. Selain itu, penyalahgunaan teknologi dan komunikasi juga dapat mengakibatkan berbagai permasalahan dalam perilaku anak misalnya kecanduan game, bullying, motivasi belajar yang menurun dan lain-lain.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai organisasi yang dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Dan
Kebudayaan Nomor 11 Tahun 2015, memiliki tugas dalam penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan pendidikan keluarga. Program pembinaan pendidikan keluarga salah satunya menyebarluaskan informasi dan
edukasi tentang pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan.

Media digital menjadi salah satu sarana penyebarluasan informasi yang berkembang pesat saat ini. Internet kini menjadi sumber utama mendapatkan informasi bahkan mengalahkan surat kabar. Lomba blog merupakan salah satu strategi untuk sosialisasi dan edukasi tentang pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan anak di masa kini. Dengan lomba blog, informasi mengenai pendidikan keluarga akan mudah didapatkan. Selain itu, akan memberikan kemudahan bagi keluarga dalam berbagi pengetahuan dan praktik baik tentang pendidikan anak yang telah dilakukan.

Apa Itu Lomba Blog Pendidikan Keluarga?

Lomba Blog Pendidikan Keluarga adalah ajang kompetisi karya blog yang diikuti oleh blogger untuk menyebarluaskan informasi pendidikan keluarga di masyarakat. Lomba Blog Pendidikan Keluarga Tahun 2018 diperuntukkan bagi para blogger yang menulis tentang Pelibatan Keluarga dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Era Kekinian.

Syarat Peserta

  • Memiliki profi blogger yang jelas dan lengkap (nama, email), bukan anonim;
  • Blog telah aktif sebelum tanggal 1 Maret 2017;

Hadiah

Pemenang lomba blog akan mendapatkan trophy, seritifiat serta uang tunai dengan total hadiah sebesar Rp46.000.000,- dengan rincian sebagai berikut:

  1. Pemenang I : Rp7.000.000,-
  2. Pemenang II : Rp6.000.000,-
  3. Pemenang III : Rp5.000.000,-
  4. Pemenang Harapan : 7 orang @Rp4.000.000,-

Untuk lebih lengkapnya, silakan baca pedomannya disini: pedoman_lomba_blog_pendidikan_keluarga.pdf

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

2 Comments

Add a Comment
    1. Insya Allah ikutan 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap