Lestarikan Budaya Daerah

Kita hidup di negeri yang terkenal dengan beraneka ragamnya budaya karena begitu banyaknya suku bangsa mulai dari aceh hingga papua. Budaya merupakan salah satu ciri dari berkembangnya sebuah peradaban manusia. Namun di era teknologi digital ini sering kali kita lupa akan budaya kita sendiri. Mungkin diantara kita termasuk saya, sudah tidak mengenal lagi akan bermacam-macam permainan rakyat yang biasa dilakukan “leluhur” kita. Begitu banyak permainan rakyat yang mulai menghilang karena kalah bersaing dengan Play Station.

Walaupun kalah bersaing namun ternyata negeri ini masih memiliki para pencinta budaya. Mereka sering melakukan berbagai festival kebudayaan daerah dan hampir setiap propinsi di Indonesia mempunyai festival kebudayaan sendiri. Begitu juga di tempatku yaitu Kalimantan Selatan yang akan mengadakan festival budaya. Festival itu diberi nama Festival Budaya Pasar Terapung dan Jukung Hias 2008 yang diadakan pada tanggal 21 dan 22 Juni 2008.

Semoga dengan ada festival seperti itu budaya daerah tidak akan hilang oleh jaman. Dan juga semoga itu bukan hanya sekedar untuk melakukan agenda tahunan tanpa melakukan realisasi di lapangan bagaimana supaya budaya itu tidak pudar. Selamat berfestival dan bagi anda yang ingin melihat secara langsung bisa datang ke Banjarmasin.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

17 Comments

Add a Comment
  1. gue punya usul gimana smua blogger kalsel nonton bareng festival ini?

  2. say,aku mau nonton bareng juga donk..
    tapi kan aku ada d jakarta..
    hiks..hiks..hiks..

  3. selain untuk pelestarian, festival budaya juga bisa utk menarik kunjungan turis lokal dan asing…lumayan buat tambahan pendapatan daerah

  4. festival budaya itu emang perlu agar kita gak lupa bahwa masih banyak budaya kita yang layak dilestarikan..

  5. ihh mau donk nontonnya…

    tp mesti ke banjarmasin ya?? hee jauhhh 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap