Lagu ‘Iwak Peyek’ Plagiat?

Lagu Iwak Peyek mungkin banyak orang sudah kenal dengan musiknya [tapi saya belum pernah dengar lirik dan musiknya, xixixi]. Lagu Iwak Peyek ini menjadi pemberitaan besar setelah terjadi  kontroversi lagu “Iwak Peyek” antara Trio Macan dan Arek Band.

Walaupun kontroversi itu sudah dianggap ‘selesai’ dengan berdamainya Trio Macan dengan Arek Band, namun asal usul lagu tersebut terus jadi perbincangan di dunia maya.

Di sejumlah forum, milis-milis di dunia maya banyak yang menyebut bahwa sebenarnya nada asli “Iwak Peyek” bukanlah ciptaan Trio Macan, Arek Band, dan H Imron. Nada “Iwak Peyek” bermula dari refrain lagu grup band Punk Rock legendaris asal Inggris, Cock Sparrer, berjudul “Take ‘em All”Refrain lagu tersebut sangat mirip dengan lagu “Iwak Peyek” milik Trio Macan dan Arek Band.

Lagu band yang dibentuk di London Timur tahun 1972 itu tidak pernah mendapatkan komersil dari lagu mereka, tapi pengaruh mereka di kalangan band punk rock jalanan cukup kuat. Karena sering dinyanyikan, refrain lagu “Take ‘em All” sering digunakan suporter untuk memberikan semangat tim mereka.

Salah satunya adalah suporter Emerald City, kemudian refrain lagu tersebut juga sering dipakai suporter Olympiakos dan pernah ditayangkan di Youtube pada tahun 2006 lalu. Refrain itu akhirnya sampai ke Indonesia dan dimasukkan lirik “Iwak Peyek” oleh H Imron yang digunakan untuk memberikan semangat kepada suporter Persebaya. Selanjutnya dipopulerkan Trio Macan seperti yang ada sekarang ini.

sumber tulisan : http://music.okezone.com

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

2 Comments

Add a Comment
  1. Rada2 mirip lingkaran kecil, lingkaran kecil, lingkaran besaaarrr

  2. Background Skripsi

    ane juga suka gan lagunya, asyik2n.hahaha
    berkunjung danberkomentar ya di blog ane

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap