Rumah Shaleh

Berbagi Untuk Negeri

Kumpulan Panduan Teknis Penelitian Bidang Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017

Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang) memiliki peran strategis dalam mendukung pembangunan Pendidikan dan Kebudayaan. Peran Balitbang ini bukan hanya sebagai dapur pemikir tetapi juga berkontribusi dalam perbaikan, penyempurnaan, pembaharuan dan perumusan kebijakan pembangunan pendidikan dan kebudayaan berbasis penelitian dan pengembangan. Hal itu selaras dengan tugas yang diemban Balitbang yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 Tahun 2015 Pasal 708, yakni melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan masyarakat, serta kebudayaan.

Sebagai dapur pemikir, Balitbang diberikan mandat untuk mendukung pembangunan pendidikan dan kebudayaan, terutama dihadapkan dengan perkembangan dan perubahan lingkungan sekitar yang sedemikian pesat. Penyelenggaraan penelitian dan pengembangan oleh Balitbang haruslah mampu mengantisipasi, merespons, dan memberikan kontribusinya bagi kemajuan sistem pendidikan nasional dalam segenap unsur yang terkandung di dalamnya. Dalam penyelenggaran penelitian dan pengembangan, salah satu fungsi Balitbang adalah menyusun anggaran penelitian dan pengembangan, seperti yang tertuang dalam Permendikbud 11/2015 Pasal 707 butir (a). Dalam konteks ini pelaksanaan penelitian dan pengembangan oleh Balitbang Kemendikbud lebih bersifat swakelola, dalam arti dikerjakan oleh lembaga atau peneliti di lingkungan sendiri. Jika ada keterlibatan pihak luar, lebih sebagai aspek pendukung kelancaran pelaksanaan penelitian. Oleh karena itu di tahun anggaran 2017, kegiatan penelitian dan pengembangan oleh Balitbang dilakukan dengan bekerja sama dan berkolaborasi dengan pihak eksternal Balitbang
dengan mekanisme berdasarkan pengajuan usulan penelitian yang akan direview oleh komite review proposal dan keluaran hasil.

Panduan Teknis ini disusun sebagai dasar/pedoman/acuan pengelolaannya kegiatan penelitian dan pengembangan di lingkungan Balitbang. Panduan Teknis bukan hanya mencakup tema-tema penelitian yang ditawarkan kepada pelaksana penelitian, tetapi juga meliputi sistematika proposal, penilaian proposal, pelaksanaan kegiatan, sampai dengan pelaporan hasil penelitian.

Untuk lebih lengkapnya silakan mengunduh filenya dibawah ini: 21_Panduan_Teknis_Kerjasama_Penelitian_2017_Balitbang.pdf

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

1 Comment

Add a Comment
  1. Ini balitbang pusat ya…baru tahu ternyata ada fasilitas penelitian bagi para guru…ayo serbu..!

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap