Kritik Memang Mudah

Kritik memang diperlukan dalam setiap kehidupan seperti halnya sebuah pujian. Dengan kritik kita diharapkan bisa menjadi lebih baik. Namun terkadang mereka yang sukanya “menyalahkan” itu sering kali hanya bisa memberi sebuah penghinaan tanpa memberi sebuah contoh.

Misalnya saja (mohon maaf jangan tersinggung) para pakar ekonomi maupun hukum sering bilang seharusnya pemerintah melakukan ini, melakukan itu tapi ketika dia yang menjadi “orang pemerintah” dia juga tidak sanggup yang kemudian akhirnya berdalih ini dan itu. Begitu juga para komentator olahraga, mereka hanya bisa bilang seharusnya atlet itu seperti ini, seperti itu namun mereka yang memberi komentar itupun terkadang tidak lebih baik prestasinya dari atlet yang dikomentarinya.

Negeri ini memang dipenuhi pakar kritik namun sedikit pakar contoh. Memang mengkritik lebih mudah daripada memberi contoh, hanya dengan modal kata-kata kita sudah bisa melakukan kritik namun memberi contoh perlu perbuatan.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

15 Comments

Add a Comment
  1. Mending memberikan kritik membangun daripada ngumbar celoteh yang bo-ong belaka, tanpa kritik kita ndak tahu mana itu sudah benar atau salah…

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap