Korupsi Itu Budaya

Korupsi adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang Negara (perusahaan dsb) untuk kepentingan pribadi atau orang lain (KBBI, 597:2001).

Kata Korupsi di negeri ini sudah ada sejak lama namun mulai terkenal semenjak era reformasi bergulir dan mereka yang melakukannya dinamakan koruptor (tapi ada juga yang bilang Tikus Berdasi). Bahkan untuk memberantasnya telah dibentuk sebuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Namun walaupun sudah banyak yang ditangkap karena kasus korupsi tapi korupsi itu bukannya berkurang malah terkesan bertambah. Mungkin karena korupsi telah jadi budaya, hingga seakan-akan itu adalah hal yang lumrah dan bukan sesuatu yang kotor. Korupsi memang telah menjadi darah daging bagi masyarkat Indonesia mulai dari rakyat hingga pejabat bahkan mahasiswapun melakukannya.

Memang korupsi seakan-akan hanya milik para pejabat padahal mahasiswa sendiri terkadang melakukannya (walaupun tidak semua, begitu juga pejabat), misalnya ketika pembayaran SPP semester terkadang ada saja mahasiswa yang berbohong agar dapat uang yang lebih, ketika adanya suatu kegiatan, maka dalam proposal pengajuan terkadang ada uang lebih (biasanya untuk panitia) namun itu tidak dilampirkan dalam Laporan Pertanggungan Jawaban (LPJ), selain itu masalah harga dalam pembelian barang (biasanya untuk kegiatan) terkadang itu dimahalkan agar dapat keuntungan.

Kalau sudah begitu, bagaimana negeri ini bisa bebas dari penjajahan materi kalau ternyata segala sesuatunya selalu dikaikan dengan materi.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

3 Comments

Add a Comment
  1. artikel anda sangat bagus dan menarik, artikel anda:
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/seni_budaya/korupsi_itu_budaya/

    anda bisa promosikan artikel anda di infoGue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

  2. Paams loves them

    korupsi.. mgkin karena tingkat ekonomi Indonesia buruk banget jadinya dikit-dikit uang..
    misalnya gw disuru beli rokok bokap tar kembaliannya ditilep..
    udah alamiah banget ya kayaknya?
    alamiah yang ga baik..

    btw salam kenal 🙂

  3. Kampanye damai Pemil

    Great post…..bookmarking your website…

    Thanks

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap