Kiat Membersihkan Rumah Setelah Banjir

Banjir yang melanda Jakarta dan beberapa wilayah di Indonesia perlahan sudah mulai surut. Banjir tidak hanya mencabut nyawa dan merusakkan harta benda, namun juga menyebabkan kerusakan lingkungan dan mengancam kesehatan. Salah satu ancaman kesehatan setelah banjir surut adalah polusi udara dalam ruang akibat air dan kotoran yang masuk ke dalam rumah. Jika dalam dua hari kotoran-kotoran tersebut tidak dibersihkan, jamur (mold) akan berkembang biak dengan cepat. Selain jamur, hama dan penyakit juga akan merajalela.

Membersihkan rumah setelah banjir harus segera dilakukan agar para penghuni bisa dengan cepat juga kembali ke rumah dan melanjutkan kembali aktivitas yang sempat terganggu karena banjir. Membersihkan rumah bisa dilakukan secara pribadi atau juga menyewa jasa pembersih rumah. Jasa pembersih rumah sangat membantu bagi yang pribadi yang sibuk.

Environmental Protection Agency (EPA), lembaga perlindungan lingkungan dari Amerika Serikat, mengeluarkan panduan Kiat Membersihkan Rumah Setelah Banjir

1. Bersihkan dan keringkan rumah dan segala macam perabotan yang ada di dalamnya. Pastikan rumah Anda terbebas dari jamur, hama dan penyakit.

2. Pergi langsung ke dokter jika Anda mengalami gangguan kesehatan. Jamur akan dengan mudah memicu penyakit pada mereka yang menderita asma, alergi dan gangguan pernafasan.

3. Perbaiki pipa-pipa dan fasilitas air yang bocor, bersihkan dan keringkan dari kotoran agar jamur tidak bisa lagi berkembang biak. Jika gangguan jamur sangat parah, gunakan jasa profesional untuk membersihkannya.

4. Saat membersihkan rumah, gunakan pelindung mata yang memiliki ventilasi agar jamur tidak masuk dalam mata Anda.

5. Gunakan sarung tangan sehingga Anda tidak perlu menyentuh jamur dengan tangan telanjang.

6. Gunakan masker udara dengan tipe N-95 untuk mencegah jamur masuk dalam tubuh Anda. Masker debu biasa, bandana atau sapu tangan, tidak bisa melindungi sistem pernafasan Anda dari kuman, bakteri dan jamur.

7. Saat membersihkan rumah gunakan celana dan baju lengan panjang. Jangan lupa memakai sepatu bot atau sepatu kerja.

8. Buang saja barang-barang yang sudah terendam air namun tidak bisa dibersihkan.

9. Bersihkan dan keringkan wilayah berpermukaan keras seperti tempat mandi (showers), bak mandi dan meja dapur Anda. Gunakan deterjen atau pembersih yang bisa mematikan jamur.

10. Jangan mencampur produk-produk pembersih atau menambahkan pemutih dalam bahan kimia lain, karena berbahaya.

11. Saat banjir, biasanya pasokan listrik akan dimatikan dan keluarga terpaksa menggunakan generator portabel untuk memasok listrik. Asap dari generator portabel ini bisa membunuh Anda dalam beberapa menit.

Untuk itu, letakkan generator listrik jauh dari rumah. Jangan pernah menggunakan generator di dalam rumah, dalam garasi, di atas balkon, di bawah jendela atau di dekat pintu dan ventilasi.

Jangan pernah sekali-kali meletakkan generator dekat dengan lokasi tidur anak. Jangan pula meletakkan generator di antara dua rumah yang saling berdekatan atau di tempat parkir mobil.

Bersihkan rumah pasca banjir
sumber : http://www.hijauku.com

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap