Rumah Shaleh

Berbagi Untuk Negeri

Kiat Ampuh Merawat Kain Tenun Agar Tahan Lama dan Tetap Menarik

Jenis kerajinan tangan apa saja yang identik dengan Indonesia?

Di antara sekian banyak jenis kerajinan tangan, salah satu yang paling menarik adalah kain tenun. Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki variasi kain tenun yang khas. Perbedaan motif dan bahan kain tenun dari berbagai daerah memang senantiasa menarik untuk dipelajari.

Koleksi kain tenun memang menyenangkan. Karena kain tenun bisa dikreasikan menjadi macam-macam kerajinan tangan seperti tas, pakaian, sepatu, dan peralatan rumah tangga lainnya. Agar koleksi kain tenun kita tetap kelihatan menarik dan tahan lama, maka kita wajib mengetahui kiat-kiat ampuh ini saat merawatnya:

Perawatan Khusus untuk Kain Tenun Sutra

Kain tenun sutra sebaiknya dibersihkan dengan sistem dry clean. Agar air tidak merusak tekstur dan warnanya. Proses dry clean ini sangat cocok karena biasanya kain tenun sutra tidak terlalu kotor. Penggunaannya sebatas pada acara pesta atau momen-momen formal lainnya sehingga kebersihannya tetap terjaga.

Menggunakan Buah Lerak Saat Mencuci

Kalau kita memiliki kain tenun berbahan katun, kita bisa mencucinya dengan air. Namun sebaiknya kita tidak menggunakan deterjen. Karena kandungan deterjen berpotensi merusak tekstur dan warna kain tenun. Sebagai gantinya, kita bisa menggunakan buah lerak. Kucek sebentar dengan tangan secara perlahan-lahan kemudian bilas dan angin-anginkan hingga kering. Jika tak ada buah lerak, kita bisa menggunakan sedikit sampo bayi sebagai pengganti. Tekstur sampo bayi yang lembut tentu jauh lebih baik daripada penggunaan deterjen.

Menjemur Kain Tenun di Tempat Teduh

Paparan sinar matahari pada kain tenun bisa membuat teksturnya rapuh dan warnanya lekas memudar. Oleh sebab itu, kita hanya perlu menjemurnya di tempat teduh sembari diangin-anginkan. Hawa panas matahari sudah cukup membuat kain tenun jadi cepat kering saat dijemur. Segera angkat kain tenun yang sudah kering agar tak terkontaminasi oleh debu.

Cermat Saat Menyetrika Kain Tenun

Agar tampilannya lebih rapi dan kuman-kumannya hilang, kain tenun memang harus disetrika. Namun kita harus menyetrika dengan hati-hati. Gunakan selembar kain tipis agar setrika panas tak langsung mengenai kain tenun. Dengan demikian, kain tenun jadi rapi dan bebas kuman tetapi teksturnya tidak rusak akibat panas dari setrika listrik.

Menyimpan Kain Tenun dengan Benar

Kain tenun mesti disimpan dengan gantungan baju. Supaya tak ada lipatan-lipatan yang merusak tekstur kain tenun. Letakkan kain tenun di lemari yang bersih, kering, dan sejuk. Kita patut memeriksa kondisi lemari secara teratur. Supaya kita bisa memastikan bahwa lemari tersebut tak lembap dan kain tenun tak diganggu oleh ngengat perusak kain.

Jangan ragu menambah koleksi kain tenun asli dari berbagai daerah di nusantara. Karena proses perawatannya ternyata sangat praktis. Koleksi kain tenun pun akan awet dan selalu berkualitas bila dirawat dengan cara yang benar. Jadi, kain tenun dari daerah mana yang paling menarik dan berkesan?



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat’08 & Universitas Negeri Surabaya’16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap