Kelebihan dan Kelemahan Printer Epson Yang Harus Diketahui

Printer merupakan salah satu alat yang dibutuhkan oleh banyak orang. Printer banyak digunakan di instansi-instansi seperti sekolah, kantor, dan banyak pula dimiliki secara pribadi. Kegunaannya untuk mencetak dokumen maupun mencetak foto bisa menjadi alat tersendiri untuk menghasilkan uang. Salah satu printer yang berkualitas dan memiliki hasil cetak yang memuaskan adalah printer Epson. Printer ini menjadi primadonanya printer. Brand ini memang memiliki kualitas yang cukup unggul dibandingkan merk lainnya.

Kehadiran printer Epson datang dengan berbagai variasi. Anda bisa memilih jenis atau tipe printer ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada berbagai jenis printer merk Epson yang bisa Anda pilih. Beberapa jenis terlaris adalah printer brand Epson dengan merk L seperti L300, L200, L100, maupun L120. Semua jenis printer ini bisa Anda beli sekaligus dengan infusnya. Jadi, Anda tidak harus menginfus printer sendiri dengan mengeluarkan dana untuk membelinya.

Karena printer Epson sudah dilengkapi dengan infuse, Anda bisa lebih menghemat dana. Biasanya, printer dijual tidak sekaligus dengan infusnya. Dengan demikian, terdapat beberapa orang yang bingung untuk memilih antara untuk menggunakan infuse atau pun menggunakan suntik saja. Printer seri L yang sudah include infuse sekaligus memudahkan Anda dalam perawatannya dibandingkan dengan printer lain yang masih menggunakan catridge.

Memilih printer brand ini untuk mencetak foto maupun dokumen merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Banyak kelebihan printer Epson yang bisa dirasakan penggunanya secara langsung. Anda tidak akan menyesal untuk membeli printer merk ini, meskipun harga printer yang ditawarkan oleh brand ini terbilang lebih mahal dibandingkan dengan merk lainnya. Oleh karena itu, kenalilah terlebih dahulu kelebihan dan kelemahan printer brand Epson.

Ini Dia Beberapa Kelebihan Printer Epson

Salah satu keistimewaan printer Epson yang bisa dirasakan oleh penggunanya adalah karena memiliki hasil print dengan kualitas yang tinggi. Printer ini memiliki hasil cetak yang sangat mencolok dan berkualitas. Anda bisa melihat hasil cetak gambarnya yang begitu nyata. Itulah mengapa banyak tempat cetak foto yang memilih menggunakan printer brand ini agar bisa mencetak foto pesanan konsumennya dengan sebaik-baiknya.

Jadi, jika Anda sering menggunakan printer untuk mencetak foto, Anda bisa memilih printer Epson. Nantinya, Anda bisa mengetahui betapa berkualitasnya hasil cetakan gambar yang di print menggunakan printer ini. Konsumen yang datang untuk mencetak foto pun biasanya bisa membedakan hasil cetakan yang baik dan tidak. Jika mereka sudah mengetahui kualitas Epson, maka mereka pun akan setia mencetak di tempat Anda.

Kelebihan lain dari printer Epson adalah printer yang sangat awet dan tidak mudah rusak. Tidak semua printer memiliki ketahanan terhadap kerusakan ketika telah digunakan dalam beberapa waktu seperti dari brand Epson. Printer brand Epson memiliki ketahanan dan keawetan yang lebih lama dan rentan mengalami rusak jika dibandingkan dengan merk lainnya. Namun, Anda sebagai pemiliknya juga harus merawat dan menggunakan printer dengan sebaik-baiknya. Jika penggunaannya dilakukan sembarangan, maka eror pun bisa terjadi.

Oleh karena itu, Anda harus tetap menjaga printer dengan sebaik-baiknya meskipun Anda tahu bahwa printer yang Anda miliki tersebut adalah printer yang berkualitas bagus. Kelebihan printer Epson lainnya adalah memiliki jenis head printer yang kuat. Head printer merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah printer. Jika head printer memiliki masalah atau dalam kondisi yang rusak, maka semua aktiftas mencetak pun tidak bisa dilakukan. Jangankan sampai rusak, jika head printer dalam kondisi yang mampet atau tidak stabil pun akan sangat mempengaruhi hasil cetak yang didapatkan.

Oleh karena itu, komponen head printer merupakan salah satu komponen yang paling penting untuk diperhatikan ketika membeli printer. Selanjutnya, printer Epson juga memiliki kelebihan dalam hal modifikasi penggunaan infuse. Sebagian printer merk ini bahkan telah dilengkapi langsung dengan infusnya. Manfaat menggunakan infuse dibandingkan dengan menggunakan suntik adalah catridge akan bertahan dengan lebih lama. Anda tidak perlu memegang catridge untuk keperluan memegang tinta. Cukup isikan saja tinta ke dalam infuse dan Anda dapat segera menggunakannya.

Terlebih lagi, harga catridge printer ini terbilang cukup mahal. Jadi Anda harus menjaganya dengan baik. Anda juga akan menikmati hemat listrik serta filtur scan yang bagus dengan memilih printer Epson. Filtur scan pada printer brand ini bisa mencapai angka 200×1200 dpi. Kedalaman warna untuk scan pun terbilang sangat baik. Anda akan puas untuk melakukan scan untuk gambar berwarna maupun gambar dengan tema hitam putih. Jadi, untuk Anda yang memiliki kebutuhan untuk melakukan scan, akan lebih baik bagi Anda untuk memilih printer ini.

Beberapa Kelemahan Printer Epson

Setiap jenis printer pasti memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Namun selama kelebihan yang dimiliki dapat menutup semua kekurangannya, tidak ada salahnya tetap melakukan pertimbangan untuk membelinya. Printer Epson seperti yang telah dijelaskan sebelumnya memang memiliki banyak kelebihan yang menarik. Namun, Ada pula beberapa kelemahan dari printer Epson yang perlu Anda ketahui.

Kelemahan printer Epson yang pertama adalah perawatannya yang agak susah. Beberapa cara perawatan memang telah disediakan dalam buku perawatan printer. Namun sebagian orang masih merasa susah untuk mengatasi masalah pada printer untuk brand ini. Solusinya, pemilik printer harus membawa printernya ke servis senter terdekat. Anda bisa memilih tempat servis yang memiliki tenaga yang telah ahli dalam bidangnya, sehingga printer Anda akan bisa kembali normal untuk digunakan.

Kekurangan printer Epson lainnya adalah bahwa sparepart pada printer ini terbilang tidak tahan lama. Namun, hal ini tergantung dari bagaimana cara Anda menggunakannya dan seberapa sering Anda menggunakan printer ini untuk mencetak. Beberapa sparepart yang rusak dapat diganti dengan sparepart lainnya. Sparepart mungkin akan Anda beli dengan harga yang tidak murah. Namun, Anda akan bisa menggunakannya dengan normal kembali setelah sparepart yang rusak diganti dengan sparepart yang baru. Anda tidak perlu khawatir karena sparepart untuk printer ini mudah untuk didapatkan di banyak toko.

Itulah beberapa kelebihan dan juga kelemahan dari printer Epson yang dapat Anda jadikan referensi sebelum memutuskan untuk membeli printer dengan brand ini. Semua printer termasuk printer Epson memiliki manfaat untuk mencetak dan memerlukan perawatan yang cukup intensif untuk bisa membuatnya awet dengan cetakan yang bagus. Sekali lagi, printer brand Epson memang merupakan printer yang sangat cocok untuk digunakan dalam hal pencetakan dokumen maupun pencetakan gambar yang berkualitas.

Kesimpulannya, setiap printer memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Namun, Anda bisa memilih printer dengan kualitas yang terbaik untuk mendapatkan hasil cetakan yang lebih maksimal dibandingkan dengan kelas lainnya. Anda dapat memilih printer Epson jika memang ingin memiliki printer yang bisa bertahan lama. Anda bisa mengunjungi Bhinneka.Com untuk melihat harga printer epson ini. Semoga bermanfaat.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap