“Kejamnya” Pendidikan

Hari ini UN untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah dimulai, siswa berlomba sambil berharap mereka bisa lulus dengan cara bermartabat walaupun ada saja segelintir orang mau lulus dengan cara kotor.

UN seakan menjadi momok yang menakutkan bagi siswa, guru, sekolah atau siapapun yang merasa berkepentingan dengan nilai akhir sekolah. Banyak hal yang dilakukan agar siswa siap dalam menghadapi UN mulai dari pemberian les sampai ikut Bimbingan Belajar bahkan ketika mendekati hari H nya pun masih ada hal yang biasanya sering dilakukan, mulai dari zikir bersama hingga salat hajat bersama.

Kelulusan sekolah yang hanya dinilai dari selembar kertas yang dibulati serta hanya berlangsung beberapa hari sangat terlalu “kejam” untuk menilai keberhasilan sebuah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang berlangsung selama 3 tahun. Lagipula, mata pelajaran yang di UN kan tidak semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah padahal bisa saja siswa ada yang menguasai mata pelajaran lain selain yang di UN kan yang pada akhirnya kelebihannya pada mata pelajaran itu tidak bisa membantu hasil UN nya.

“Kejamnya” pendidikan di sekolah dasar hingga sekolah menengah tidak serta merta hilang ketika ia memasuki perguruan tinggi. Belum lagi masalah “Kejamnya” biaya masuk hingga adanya kekejaman dari senior ke junior pada beberapa perguruan tinggi. Namun yang paling kejam dari semua “Kekejaman” itu ialah sidang skripsi. Kenapa kejam?

Ketika orang sering bilang bahwa UN sekolah sangat kejam karena menilai keberhasilan siswa hanya dalam beberapa hari padahal ia telah belajar selama 3 tahun tapi sidang skripsi lebih singkat lagi, keberhasilan anda kuliah selama 3,5 sampai 7 tahun ditentukan hanya dalam waktu 2 jam. Ayo kejam yang mana? He_ 😀

Malah dulu aku sempat berpikir, kalau UN yang beberapa hari saja ingin diboikot karena dianggap kejam lalu bagaimana dengan skripsi yang lebih singkat hanya kurang lebih 2 jam, apa ia perlu diboikot juga?

Entahlah, sampai sekarang aku berpikir tidak seharusnya sebuah keberhasilan hanya ditentukan oleh sebuah faktor saja yaitu ujian. Kenapa akhlak tidak juga menentukan dalam keberhasilan atau semangat yang dibawanya ketika sedang belajar.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

22 Comments

Add a Comment
  1. Hmmm, susah sih mas, struktur pendidikannya udah 'penyok' dimana2 :(, kyknya masih gak nyambung gitu antara 'kebutuhan masyarakat' sama 'pendidikannya', coba lihat banyaknya sarjana yg pengangguran atau cara ngelamar beasiswa ke luar negeri yg msh butuh syarat ini itu.. tapi semoga keterbatasan ini justru jd bikin cerdas&kreatif *ngarep pemerintah berbenah kok underestimate ya* 🙂
    .-= wigati´s last blog ..Kabel, Matahari dan Kita =-.

    shaleholic : berharap masih diperlukan Mbak, cuma jangan terlalu berharap, 😀

  2. jadi takut saia ntar skripsi–meski masih lama 😛
    .-= J.U.N´s last blog ..Hanya Bisa Mengagumi =-.

    shaleholic : Jangan ditakuti tapi dikerjakan, 😀

  3. Semakin tinggi kelasnya, semakin susah ujiannya…

    Ane masih ada UN nih, tapi ane santai saja… Gak terlalu dipusingkan., Kalau ga lulus, masih banyak pekerjaan yang tersedia di Indonesia 🙂
    .-= Qori´s last blog ..Online Tutoring Math as e-learning for students with Tutorvista.com =-.

  4. hehehe, salam semangat mas Jun, ndak maksud nakut2in loh

    shaleholic : :D, Ayo, mbak nakut2tin orang ya

  5. harapan kita semua adalah sistem pendidikan yang sekarang ini jauh lebih baik dari yang sebelum – sebelumnya

    shaleholic : Semoga 😀

  6. UN adalah hal yang menakutkan
    .-= fanz´s last blog ..SMS Kakak Saya =-.

    shaleholic : Yap, walaupun tidak setakut sidang skripsi 😀

  7. Keahlian yang diukur dari ijazah

    shaleholic : Untung kalau ijazahnya benar

  8. smoga ajah apapun itu untuk menjadikan pendidikan di di indonesia itu lebih maju dan baikk

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih
    😀

    shaleholic : Semoga 😀

  9. topik minggu ini plg hot emng UN
    ya moga ajah pendidikan di negri kita ini makin maju

    blogwalking
    .-= antok´s last blog ..Berbagi kasih melalui T-shirt =-.

    shaleholic : 😀

  10. MGA JA CPET DA PENYELESAIAN TRHDAP MSALAH PENDIDIKAN YANG PELIK INI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap