Kejahatan Itu Berita

Berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat; kabar (KBBI, 2001:140).

Berita sering kita baca, lihat dan dengar baik dari koran, televisi maupun radio. Hampir setiap hari kita dikabari berbagai kejadian di muka bumi ini. Berita telah menjadi bagian hidup bagi sebagian orang. Isi berita itupun bermacam-macam mulai dari kekerasan dalam rumah tangga sampai korupsi para pejabat.

Namun sadarkah kita bahwa berita di Indonesia selalu saja mengenai hal-hal yang tidak baik bahkan itu sering dibuat dalam laporan khusus misalnya BUSER, TKP, SIDIK, PATROLI, dll. Semua itu seakan-akan mengatakan bahwa yang dinamakan berita adalah sesuatu kabar atau kejadian yang berkenaan dengan kejahatan. Padahal banyak kejadian yang baik terjadi di negeri ini, misalnya bagaimana pelajar indonesia mendapatkan emas dalam olimpiade sains, kegigihan guru di daerah pedalaman dalam memberi ilmu atau juga penemuan-penemuan dalam ilmu pengetahuan. Namun berita baik seperti itu hanya dianggap “sekedarnya” karena terkadang itu hanya dimuat sekilas.

Kalau semua berita buruk di nomor satukan dalam sebuah pemberitaan. Maka itu sama saja mengajarkan kejahatan kepada orang yang melihatnya (tentu selain memberi perhatian agar kita waspada) karena terkadang ada hal yang seperti itu misalnya penyelidikan mengenai sampo palsu, parfum palsu, dan lain-lain berbau palsu karena disana dikatakan cara pembuatannya walaupun tidak utuh namun terkadang dapat ditebak cara membuatnya.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

1 Comment

Add a Comment
  1. tulisan yang bagus..
    emang betul sih…
    banyak berita di indo itu tetang kejahatan..

    berarti seharusnya ada sebuah acara televisi yang mempertunjukan berita ttg penghargaan kepada seseorang yang berprestasi..

    kelihatannya seru juga tuh…
    hehehe…

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap