Kapan Sebaiknya Mengkonsumsi Teh

sumber : infospesial.net

shaleholic.com – Khasiat teh akan terasa jika mengkonsumsinya secara rutin setiap hari yaitu 2-3 cangkir sehari. Lebih dari itu tentu tidak baik untuk tubuh mengingat teh juga mengandung kafein yang berbahaya bagi jantung karena membuat jantung bekerja terlalu keras. Mengkonsumsi teh juga ada aturannya dan tidak boleh sembarangan. Beberapa aturan minum teh bahkan dijadikan tradisi di negara-negara tertentu seperti Jepang dan Cina. Hal tersebut tentu saja berhubungan dengan khasiat masing-masing jenis teh yang berbeda sebagai akibat dari perbedaan proses fermentasi di dalamnya.

Khasiat teh dapat langsung dirasakan oleh tubuh sesaat setelah kita mengkonsumsinya. Sebagai minuman kesehatan, tentu saja khasiat ini akan berlangsung bertahap seiring rutinnya teh yang kita minum. Cara mengkomsi yang salah juga berdampak pada khasiat yang tidak terasa bahkan dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Karena itu mengenal manfaat dari masing-masing jenis teh sangatlah perlu agar kita tahu kapan waktu yang tepat untuk mengkomsumsi teh.

Secara umum, mengkomsumsi teh tidak boleh pada saat perut dalam keadaan kosong karena kandungan di dalam teh justru akan meningkatkan produksi asam lambung. Jangan pula meminum teh yang sudah mengendap semalaman karena sudah basi dan zat-zat di dalamnya sudah mengalami oksidasi sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa waktu yang tepat untuk mengkonsumsi teh yang baik diantaranya adalah :

  • Minum teh hitam pada saat bangun tidur. Hal tersebut berkaitan dengan fungsi teh hitam untuk menyegarkan tubuh dan juga memperlancar buang air kecil.
  • Minum teh hijau saat siang hari baik untuk menyerap lemak terutama setelah makan siang.
  • Saat sedang mengalami stres, sebaiknya mengkonsumsi teh hitam karena teh hitam mampu mengurangi kadar hormon stres.
  • Teh yang dicampur dengan madu juga baik sebagai antiseptik terutama saat terkena sakit tenggorokan.

Teh hitam, teh hijau maupun teh oolong mempunyai cara tersendiri dalam penyajian agar khasiatnya terasa secara maksimal. Teh hitam diseduh dengan air panas bersuhu 90-950C selama 3-5 menit, teh hijau diseduh dengan air panas bersuhu 60-800C selama 1-2 menit sementara teh oolong diseduh dengan air panas bersuhu 90-1000C selama 1 – 3 menit. Dari perbedaan cara menyeduh teh tersebut sudah terlihat bahwa teh hijau memiliki waktu yang paling sedikit yang menunjukkan bahwa khasiat di dalamnya lebih banyak terasa dibandingkan dengan jenis teh yang lain.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap