Rumah Shaleh

Berbagi Untuk Negeri

Jual Sapi untuk Idul Qurban yang Sehat dan Gemuk

Bagi umat Muslim yang mampu, berqurban memang sudah hukumnya wajib. Akan sangat malu jika Anda memiliki penghasilan besar perbulannya, tapi tidak menyisihkan hartanya untuk berqurban yang setahun sekali. Padahal orang yang kurang mampu saja ada yang menabung bertahun-tahun untuk bisa membeli hewan qurban karena sangat ingin berqurban dan berbagi kepada sesama saudara Muslim yang kurang mampu. Bagi penjual hewan qurban, haruslah jual sapi untuk Idul Qurban yang sehat dan terhindar dari penyakit. Biasanya jika sudah menjelang Idul Qurban atau lebaran Haji, pihak dari dinas peternakan akan mengecek tempat-tempat seperti pemotongan hewan atau pasar hewan untuk bisa memeriksa hewan yang dijual tersebut apakah sehat atau tidak.

Jika Anda menemukan tempat jual sapi untuk Idul Qurban, hal yang pertama Anda lakukan adalah bertanya kepada orang lain dengan rekomendasi tempat-tempat yang menjual hewan qurban yang baik dan juga sehat. Jika Anda sungkan untuk bertanya, Anda bisa cari-cari di internet, tempat penjualan hewan qurban mana yang memiliki komentar bagus atau rekomendasi yang bagus oleh orang-orang. dan pastinya letak tempat penjualan tersebut ada di sekitar daerah Anda. Rekomendasi dari orang merupakan cara paling mudah untuk bisa tahu apakah tempat tersebut menjual hewan qurban yang bagus atau tidak. Apalagi jika yang merekomendasikan adalah orang yang sering melakukan qurban tiap tahun. Sudah pasti itu adalah rekomendasi paling baik untuk Anda.

Jika Anda ingin membeli sapi untuk qurban, setelah sampai pada tempat jual sapi untuk Idul Qurban tersebut, langkah pertama adalah mencari sapi yang cukup umur. Kenapa harus membeli sapi yang cukup umur? Karena sapi yang cukup umur dagingnya banyak dan gemuk. Pastinya juga saat dibagikan nanti akan memperoleh hasil yang banyak. Untuk sapi yang pas digunakan sebagai hewan qurban untuk disembelih adalah sapi yang umurnya minimal 22 bulan atau kalau tidak berumur 2 tahun. Saat umur tersebut, sapi sudah dikatakan dewasa dan fisiknya bagus untuk dijadikan hewan qurban. Untuk bisa tahu sapi itu sudah berumur 2 tahun atau belum, Anda bisa melihat catatan kelahiran di peternakan tersebut. Jika peternakan tersebut bagus, sudah pasti ada catatan kelahiran masing-masing hewan peliharaannya.

Catatan kelahiran hewan ternak sangatlah penting untuk bisa mengingat berapa umur si sapi tersebut. Apalagi jika berniat untuk dijual, catatan kelahiran sangatlah penting bagi hewan-hewan peliharaannya. Termasuk juga catatan tentang riwayat kesehatan. Bila perlu, cek secara berkala hewan-hewan yang ada di peternakan ke dokter hewan yang biasa mengecek hewan ternak. Jadi jika Anda jual sapi untuk Idul Qurban sudah siap data-datanya dan juga para pembeli akan sangat percaya kepada Anda untuk bisa memberikan hewan qurban yang bagus.



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat’08 & Universitas Negeri Surabaya’16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap