Jenis-Jenis Terigu dan Seribu Manfaatnya

tepung_terigu

shaleholic.com – Tepung terigu dan kegiatan memasak di dapur memang tak bisa dipisahkan. Tepung yang satu ini pun punya banyak jenis beserta seribu manfaatnya. Apa saja? Yuk kita baca pengetahuan berikut!

Tepung terigu banyak sekali jenisnya. Karena banyak memiliki jenis tersebutlah maka manfaatnya juga beragam. Misalnya saja ada jenis terigu berprotein rendah. Tepung yang hanya memiliki kandungan gluten 8-9% ini biasanya mudah lengket dan sulit menyerap daya tahan air serta susah untuk mengembang. Banyak digunakan sebagai tepung pembuat kue seperti kue kering dan biskuit. Pada saat bulan Ramadhan, tepung yang satu ini paling banyak dicari dan dipakai.

Bila tadi ada terigu berprotein rendah, ada pula tepung yang berprotein sedang dan tinggi. Manfaatnya pun berbeda. Tepung dengan protein sedang lebih leluasa untuk membuat kue macam bolu atau gorengan. Tekstur kue yang lebih lunak bisa dibuat dengan menggunakan terigu yang satu ini.

Sementara tepung dengan protein tinggi punya kemampuan yang bagus untuk membuat makanan-makanan bertekstur lembut sampai padat.  Tepung ini cocok untuk membuat mie, roti dan pasta. Terigu berprotein tinggi biasanya jadi incaran tak hanya oleh ibu-ibu rumah tangga namun oleh para penjual bakso, mie dan martabak.

Selain berdasarkan protein di atas, ada pula terigu dengan biji gandum, terigu yang dicampur baking soda dan terigu yang sudah diperkaya mineral. Ketiganya memang menjadi alternatif tersendiri ketimbang penggunaan terigu berprotein, namun sama-sama bisa jadi opsi pilihan.

Tepung dari biji gandum bisa dijadikan bahan tepung untuk roti gandum, karena bisa membuat tekstur yang padat dan mengenyangkan.  Terigu dengan baking soda juga cocok dan bermanfaat untuk cake lembut sampai muffin padat. Biasanya toko-toko kue banyak memakai tepung jenis ini.

Yang terakhir adalah tepung yang diperkaya mineral. Meski jarang digunakan, namun biasanya tepung yang diperkaya mineral digunakan oleh perusahaan-perusahaan pembuat kue yang ingin membuat produk kue yang padat nilai gizi dan kesehatannya. Harganya pun lebih mahal. Bila anda sering mengunjungi supermarket atau toko-toko, banyak roti-roti atau kue sehat yang memakai bahan terigu jenis ini.

Nah itu dia semua jenis-jenis terigu beserta manfaatnya yang beragam. Tepung berprotein ataupun yang diperkaya mineral, tentu semuanya memiliki keunggulan sebagai bahan pokok pembuatan makanan. Jadi bagaimana, sudah siap membuat kue atau makanan enak lainnya dengan menggunakan terigu pilihan?

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap