Jejaring Sosial ala Indonesia

Disaat kita sibuk dengan jejaring sosial ‘import’ seperti Facebook, Twitter atau Google Plus sebenarnya kita juga punya jejaring sosial baik itu buatan dan pengembangan dari yang sudah ada. Memang tidak banyak yang tahu apa saja jejaring sosial yang ada di Indonesia dan saya sendiri juga tidak pernah melakukan riset tentang jumlahnya. Namun saya pernah mencoba beberapa jejaring sosial yang menurut saya lumayan bagus bahkan ada yang sangat bagus.

Berikut ada 3 macam jejaring sosial yang pernah saya coba [memang hanya sampai mencoba dan tidak terlalu aktif].

  • Salingsapa.com

Saya dulu pernah membahas salingsapa ini sewaktu masih boomingnya karena waktu itu Muhammad Yahya Harlan mengaku menciptakan salingsapa dengan ‘tangannya sendiri’ namun pada kenyataannya saat itu dia menggunakan kode terbuka dari Jcow dan ternyata bukan saya saja waktu itu yang meragukan ‘kehebatannya’ ternyata banyak juga dan pada akhirnya ‘terbongkarlah’ bahwa memang saat itu dia menggunakan kode terbuka dari Jcow yang berarti dia tidak membuat tapi hanya mengembangkan. Terlepas dari polemik itu saya angkat topi dan acungkan jempol untuk Yahya karena dia berhasil mengembangkan jejaring sosial dengan desain islami.

Koprol harus saya akui adalah jejaring sosial Indonesia yang terbaik yang pernah saya gunakan karena simpel. Koprol sendiri merupakan jejaring sosial berbasis lokasi. Kata Koprol dipilih sebagai nama jejaring sosial ciptaan Satya Witoelar, Fajar Budiprasetya, dan Daniel Armanto memiliki arti orang gelinding yang kemudian diartikan oleh mereka sebagai perpindahan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Ini dirasa sesuai dengan target pengguna Koprol yang merupakan orang yang mobile. Pada tanggal 25 Mei 2010, koprol akhirnya diakuisi oleh Yahoo dan menjadikan koprol sebagai jejaring sosial Indonesia pertama yang diakuisi Yahoo.

  • Letterater.com

Saya baru beberapa waktu mencoba jejaring sosial ini setelah membaca di salah satu media Online. Letterater sendiri merupakan jejaring sosial yang dikhususkan untuk pencinta sastra karena di jejaring tersebut kita bisa mempublikasikan karya kita berupa puisi, cerpen dan esai. Letterater.com dirancang oleh Bambang Saswanda Harahap yang merupakan angkatan 2006 pada Fakultas SastraUniversitas Sumatra Utara dan Palit Hanafi Lubis, yang berstatus mahasiswa S2 komputer Universitas Sumatera Utara (USU)di tahun 2011, dan kemudian di bantu oleh tiga orang junior mereka dalam merancang skema website, antara lain Bambang Riyanto dan Rodiyah yang tercatat sebagai mahasiswa sastra USU serta Joshua dari kampus IBBI Medan jurusan komputer.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

5 Comments

Add a Comment
  1. hehe, kalau jejaring Indonesia sih banyak gan. ane juga punya asli kalimantan yang bikin.hehe

    http://www.se-7.com/fb

  2. Untuk yang ke-3 saya baru tau sekarang, Pak.
    Syukron infonya, langsung meluncur dulu.
    😛

  3. banyak ja sakalinya nang pintar di Indonesia

  4. nih ada juga hasil buatan saya . . . . http://facemain.co.cc

  5. asal saya yah dari Kalimantan Timur memang jejaring sosial saya masih ada kekurangannya

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap