Jas Merah

“Jangan sekali-kali melupakan sejarah!”

Itulah isi pidato terakhir kenegaraan Bung Karno. Kata-kata bung Karno yang pernah saya baca tersebut masih begitu terasa. Hari ini tanggal 30 September, masih ingatkah kalian tentang sebuah sejarah masa lalu yang bahkan dulu di jaman orde baru sering sekali kita disuguhi dengan film itu-itu saja bila datang tanggal 30 september.

Ya, tragedi yang dinamakan G 30 S/PKI, sebuah cerita dimana para jenderal-jenderal Indonesia dibunuh dengan kejam oleh PKI. Namun bukan cerita sejarah itu yang ingin saya sampaikan.

Seingat saya, sejak era tumbangnya orde baru, banyak orang terbuai dengan yang namanya reformasi bahkan menganggap hal-hal yang dulunya ada di era orde baru harus dilupakan. Lihatlah setiap tanggal 30 september, adakah media baik itu elektronik maupun cetak yang secara khusus bercerita tentang tragedi itu. Hampir tidak ada, hanya sebagian saja itupun juga hanya seperti angin lewat di sore hari.

Seharusnya media tetap berusaha menampilkan cerita itu tapi bukan dalam artian menyudutkan salah satu pihak karena bagaimanapun masa lalu adalah sebuah cerita yang mesti bisa kita ambil hikmahnya. Masa lalu juga bukan untuk menghakimi tapi untuk memperbaiki, bahwa dulu pernah terjadi sebuah tragedi di negeri ini dan mari bicara bagaimana agar tragedi itu tidak terulang lagi. Apalagi negeri ini sedang sakit karena hampir beberapa hari ini selalu saja cerita bentrokan antar kita sesama.

Semoga kita semua tidak lupa akan sejarah karena dari sejarahlah kita punya masa depan. Mari jadikan sejarah sebagai sebuah cerita yang mesti kita ingat dan terus kita ambil hikmahnya seperti sebuah kata-kata yang sering saya baca di buku teman-teman saya, “hari kemarin adalah sejarah, hari ini adalah masa sekarang, besok adalah masa depan”. Itu berarti setiap kejadian punya saling ketergantungan antara satu sama lain.

Akhir kata, apa sih yang kalian ingat tentang tragedi 30 September?

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

13 Comments

Add a Comment
  1. Bagaimanapun, komunis tetap tidak boleh tumbuh di Indonesia
    .-= nurhayadi´s last blog ..INFEKSI NOSOKOMIAL =-.

    shaleholic : Ya, saya setuju 🙂

  2. Betul, kita jangan melupakan sejarah (sejarah yang benar-benar sejarah bukan sejarah yang telah dimanipulasi) karena didalam sejarah banyak terdapat hikmah dan ibroh/pelajaran yang dapat kita ambil. sukses selalu ya…
    .-= ummurizka´s last blog ..Rindu Lagu Anak-Anak =-.

    shaleholic : 🙂

  3. 30 September, mengenang bahwa ibu pertiwi pernah berduka, atas anak-anak mereka yang tak saling melindungi, justru saling jegal…
    .-= PRofijo´s last blog ..Apa lagi yang ku cari =-.

    shaleholic : Ya, karena itu jangan mengulangi kesalahan yang sama. 🙂

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap