Jagalah Amanah

Ketika kita menjadi orang biasa tanpa ada embel-embel jabatan, hidup ini terasa begitu santai namun ketika sudah mendapat jabatan hiduppun mulai berubah karena kita telah diberi tanggung jawab yang besar.

Namun banyak orang ketika mendapat sebuah amanah (jabatan adalah sebuah amanah), mereka lupa dengan yang memberi amanah. Dengan seenaknya mempergunakan amanah itu untuk keperluan yang terkadang tidak ada gunanya bagi orang lain.

Ketika jadi Eksekutif janganlah suka ‘studi banding’ (kata kias dari berlibur, jalan-jalan) karena itu terkadang tidak berguna. Ketika jadi Legislatif juga jangan terlalu melakukan ‘kunjungan kerja’ (kata kias dari berlibur, jalan-jalan dan kampanye) karena itu tak berguna. Ketika menjadi seorang pendidikan atau pengajar (karena pendidik dan pengajar itu beda jadi menggunakan kata atau) janganlah terlalu suka mencari ‘makan diluar’ (kata kias dari kerja sampingan) karena terkadang membuat anak didik menjadi menjadi pemalas. Kenapa menjadi pemalas?

Karena pendidik atau pengajarnya terkadang hanya masuk ke ruangan satu sampai tiga kali saja dalam satu semester. Bagaimana bisa pintar kalau pengajar atau pendidiknya lebih mementingkan kepentingan pribadi ketimbang menjalankan amanah yang diberikan.

Amanah yang diberikan kepada pendidik atau pengajar itu sangat besar karena menyangkut masa depan anak didik. Ketika dia melakukan sesuatu kesalahan terkadang mereka mengucapkan saya tidak pernah diajarkan itu. Bagaimana mau diajarkan kalau pengajar atau pendidiknya lebih suka ‘makan diluar’ daripada ‘makan didalam’.

Jagalah amanah yang telah diberikan kepadamu karena suatu saat itu akan ditanyakan.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

12 Comments

Add a Comment
  1. Jagalah Amanah – shaleholic [dot] com I was suggested this web site by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my trouble. You are incredible! Thanks! your article about Jagalah Amanah – shaleholic [dot] comBest Regards Justin

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap