Ini Dia, 4 Fakta Unik Di Balik Sejarah Harbolnas Tanah Air

Kemajuan teknologi nampaknya menjadi hal yang sangat menguntungkan dalam segala hal. tak terkecuali dengan kemudahan berbelanja yang kini bisa Anda lakukan hanya dengan mengAndalkan internet saja. ya, banyaknya e-commerce yang melebarkan sayapnya di Indonesia menjadi salah satu alasan mengapa tak sedikit dari sophaholic yang lebih gemar membeli sesuatu via online.

Pertambahan jumlah penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya juga sebanding dengan pengguna internet yang kian melonjak. Tak ayal, jika perusahaan e-commerce yang sekarang bisa dengan mudah kita jumpai tak hanya menawarkan produk saja, melainkan juga jasa.

Sejalan dengan maraknya toko online dan e-commerce di Indonesia, sejarah harbolnas atau hari belanja nasional pun tak lepas menjadi bahan perbincangan dan perayaan meriah yang selalu disambut dengan sukacita setiap tahun.

Tepat pada tangga; 12 Desember 2012 lalu, harbolnas digagas dan dijadikan sebagai media edukasi kepada khalayak mengenai mudahnya berbelanja online.

Namun, tahukah Anda jika dibalik sejarah harbolnas tersebut, tersimpan fakta unik yang menarik untuk digali? Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda.

  1. Pelopor E-commerce

Tak hanya penawaran yang menggiurkan, diskon besar-besaran pun sengaja dilakukan oleh berbagai e-commerce untuk mendapatkan lebih banyak lagi customer sekaligus pelanggan setia.

Adapun partisipan dibalik kegiatan diskon hingga 90 % ini ialah 8 e-commerce yang terdiri dari Zalora, Lazada, Bhinneka, Berrybenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, dan Luxoda. Ketujuh e-commerce tersebut  mengadakan diskon mencengangkan yang dimulai dari tanggal 10-12 Desember. Sejarah harbolnas ini mungkin belum banyak diketahui orang.

  1. Black Friday

Hari belanja online sebenarnya sudah sejak jauh hari dipraktekkan oleh masyarakat di Negara Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Jepang. Penjual disana akan menyuguhkan diskon yang tidak main-main untuk pembeli. Bahkan mereka tak hanya melakukan hal tersebut untuk kegiatan belanja online, mereka juga memasang diskon di toko fisik.

Sejarah harbolnas ini lebih dikenal dengan sebutan Cyber Monday atau Black Friday. Selain berusaha memasarkan produknya, penjual juga akan mengedukasi masyarakat sekitar tentang nilai plus yang disuguhkan jika mereka berbelanja secara online.

  1. E-commerce yang semakin meningkat

Jumlah e-commerce yang berpartisipasi tentu menjadi bagian dari sejarah harbolnas yang tak bisa dipisahkan. Pada awal keberadaannya, acara ini hanya diikuti oleh 7 orang anggota. Tahun 2013 terdiri dari 22 e-commerce, saat 2014 kemarin, jumlah e-commerce yang ikut serta dalam harbolnas naik menjadi 78.

Sementara itu pada 12 Desember 2016, pesertanya bertambah menjadi 220 E-commerce. Benar-benar progress yang sangat cepat bukan?.

E-commerce tersebut juga menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga seperti perbankan untuk menyukseskan acara ini.

  1. Bertujuan untuk mengedukasi

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini masyarakat mungkin akan cenderung berpikir realistis. Dimana saat mereka bisa memanfaatkan teknologi informasi, maka mereka akan menggunakannya dengan semaksimal mungkin.

Selain itu, belanja online yang dipromosikan melalui harbolnas juga membuat waktu yang mereka punya lebih efesien.

Mengapa? mereka tak perlu lagi menyempatkan waktu di sela-sela kesibukan hanya untuk membeli perlengkapan yang mereka butuhkan. untuk pembayarannya, mereka bisa mengaplikasikan transaksi online. Artinya, antara pembeli dan penjual tetap bisa terjadi kesepakatan. Hanya saja mereka tidak bisa bertemu secara langsung.

Sistem semacam ini juga memungkinkan penjual mengenalkan produknya ke seluruh dunia. Tapi tetap saja kepercayaan dan pelayanan yang baik menjadi kuncinya.

Itulah 4 fakta unik dari sejarah harbolnas. Pastikan Anda tidak melewatkan acaranya Desember mendatang ya?. Oiya jangan lupa untuk mengikuti juga promo fbo yah di akhir November 2017 ini!

 

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

2 Comments

Add a Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap