Ingin Jadi Guru? Tak Perlu Jadi Sarjana Kependidikan

foto : hanazhen.wordpress.com

shaleholic.com – Tadi malam saya membaca sebuah artikel di salah satu portal berita. Disana dikatakan bahwa MK telah memutuskan bahwa untuk jadi GURU tidak perlu harus menjadi Sarjana Pendidikan jadi Sarjana Non Kependidikan juga bisa jadi guru. Putusan ini bagi saya pribadi seorang guru tentu sangat mengecewakan karena pada akhirnya bukan hanya mereka yang kuliah di FKIP bisa jadi guru tapi juga kuliah di fakultas lain juga bisa jadi guru. FKIP pun kini tak bisa lagi memonopoli lulusannya agar bisa jadi guru.

Putusan MK ini sebenarnya agak bertentangan dengan UU Dosen dan Guru NOMOR 14 TAHUN 2005  itu sendiri khususnya pada BAB I Pasal 1 No. 1, 4 dan 14 yang berbunyi :

No. 1

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

No. 4

Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

No. 14

Lembaga pendidikan tenaga kependidikan adalah perguruan tinggi yang diberi tugas oleh Pemerintah untuk menyelenggarakan program pengadaan guru pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan/atau pendidikan menengah, serta untuk menyelenggarakan dan mengembangkan ilmu kependidikan dan nonkependidikan.

Kata yang saya beri warna merah tersebut adalah salah satu hal mengapa putusan itu bertentangan. Disana jelas bahwa bahwa guru adalah pendidik profesional dan untuk memperoleh gelar profesional itu mereka memerlukan pendidikan profesi dan pendidikan profesi ditugaskan kepada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan bukan para Lembaga-lembaga lain 😀

Kalau pada akhirnya MK memperbolehkan sarjana non kependidikan untuk menjadi Guru maka saya harapkan MK juga merevisi UU Dosen dan Guru NOMOR 14 TAHUN 2005 khususnya pada BAB I Pasal 1 No. 1, 4 dan 14 tersebut. Dengan penghapusan kata profesional tentunya juga akan menghapus tunjangan sertifikasi yang selama ini diberikan kepada para guru profesional yang salah satu syaratnya 24 jam tatap muka. Kenapa harus menghapus Tunjangan Sertifikasi karena kalau tidak dihapus maka akan bertentangan kembali dengan BAB I Pasal 1 No. 11 dan 12.

No. 11

Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dan dosen.

No. 12

Sertifikat pendidik adalah bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru dan dosen sebagai tenaga profesional.

Disana jelas tertulis bahwa sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidikan yang diberikan kepada guru atau dosen yang profesional. Namun seperti yang saya tulis sebelumnya karena MK memperbolehkan sarjana non kependidikan menjadi guru maka otomatis sertifikasi juga harus dihapuskan.

Terlepas dari masalah tersebut MK berdalih alasan kenapa mereka memperboleh sarjana non kependidikan menjadi guru adalah

“Hal ini sesuai dengan Pasal 27 ayat 2 UUD 1945 bahwa tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan,” ujar Hakim Konstitusi Muhammad Alim saat membacakan pertimbangan MK.

Boleh kita terima alasan itu namun tentunya MK juga harus adil dong, kalau sarjana non kependidikan bisa jadi guru diharapkan putusan ini mengikuti profesi lainnya seperti dokter bahwa tak perlu harus sarjana kedokteran untuk jadi dokter (karena saya minat nih jadi dokter) atau juga nanti para dukun beranak bisa diangkat menjadi bidan desa tanpa perlu harus kuliah kebidanan karena mereka juga udah berpengalaman membantu ibu melahirkan 😀

So, saya harapkan MK mempertimbangkan kembali putusan ini karena pada akhirnya saya berpikir buat apa sih kuliah di FKIP kalau pada kenyataan kuliah jurusan lain juga bisa jadi Guru 😀

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap